Siaga Tanggap Bencana, Polres Rote Ndao Gelar Apel Gabungan dengan Stake Holder Terkait

Siaga Tanggap Bencana, Polres Rote Ndao Gelar Apel Gabungan dengan Stake Holder Terkait
Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., yang didampingi oleh Dandim 1627 Rote Ndao Letkol Inf Bayu Panji Bangsawan S.Si, M.Han, saat melakukan pemeiksaan pasukan dalam uparca Apel Gabungan dalam rangka siaga bencana di Kabupaten Rote Ndao tahun 2022 di Lapangan Apel Mapolres, Jumat (25/11).

www.tribratanewsrotedao.com – Rote, Mengantisipasi bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Rote Ndao, Kepolisian Resor Rote Ndao bersama Instansi dan Stake Holder terkair menggelar Apel Gabungan Siaga Bencana.

Apel yang digelar di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao pagi ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., yang didampingi oleh Dandim 1627 Rote Ndao Letkol Inf Bayu Panji Bangsawan S.Si, M.Han, dengan Perwira Upacara Kasat Samapta IPTU Naftali J.E. Lede, S.H. dan Komandan Upacara Kasat Polair IPDA I Nyoman Bagia Utama, S.I.P., Jumat (25/11/2022).

Mengawali amantnya Kapolres mengatakan bahwa apel gabungan yang dilaksanakan, merupakan tahapan penting untuk memastikan bahwa TNI-Polri dan Pemda serta seluruh Instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, benar - benar siap baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana dalam menanggapi bencana yang terjadi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dilakukan pengecekan terkait kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh seluruh stakeholders sehingga kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang berbasis sinergi dapat terwujud dengan output yaitu adanya kesiapan dari seluruh komponen dalam menghadapi situasi kontinjensi bencana alam yang mungkin terjadi di Kabupaten Rote Ndao,” ucap Kapolres dalam mengawali amantnya.

Bangun partisipasi publik dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait pencegahan dan penanggulangan bencana kepada seluruh lapisan masyarakat dan bangun komunikasi dan sinergi dengan Instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, serta hilangkan ego sektoral dalam membangun kesiapsiagaan tanggap bencana, imbuh Kapolres.

Selain itu Kapolres juga menekankan agar seluruh personel yang ada agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam melalui deteksi dini dengan melakukan pemantauan di area-area rawan bencana.

Hadir dalam Apel Gabungan antara lain dari unsur TNI AD Kodim 1627 Rote Ndao, para pejabat utama Polres, Para Kapolsek jajaran, Satuan Pol PP Kabupaten Rote Ndao, BPBD Kabupaten Rote Ndao, BMKG wilayah Rote, Badan SAR Rote, personel Polres Rote Ndao dan Bhabinkamtibmas seluruh jajaran. (6nur)