Cegah Kenakalan Remaja, Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 Polres Rote Ndao Sambangi SMK Negeri 1 Lobalain

Cegah Kenakalan Remaja, Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 Polres Rote Ndao Sambangi SMK Negeri 1 Lobalain
Kasat Binmas Polres Rote Ndao IPTU Yeri Lazarus Dowa, S.H. saat memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada para pelajar SMK Negeri 1 Lobalain, Rabu (24/05).

www.tribratanewsrotedao.com – Rote, Dalam rangka pencegahan kenakalan remaja di kalangan pelajar, jajaran Polres Rote Ndao melaksanakan Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 ke sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Pelaksanaan Operasi Bina Kusuma tersebut dilaksanakan melalui pembinaan dan penyuluhan (binluh) oleh personel yang terlibat dalam operasi.

Seperti yang dilaksanakan pagi ini, dengan menyambangi SMK Negeri 1 Lobalain. Materi yang diberikan kepada para siswa dan siswi antara lain kenakalan remaja dan narkoba, Rabu (24/05/2023).

Dalam penyampaiannya Kasat Binmas IPTU Yeri Lazarus Dowa, S.H. yang memimpin kegiatan mengajak seluruh siswa dan siswi untuk menghindari pergaulan yang dapat merugikan diri, menjahui minuman keras serta selalu tertib dalam berlalu-lintas.

“Ingat..!, adek-adek semua adalah generasi penerus bangsa, untuk itu gunakan dan manfaatkan waktu untuk hal yang positif, jangan sampai terjerumus dalam pergaulan bebas yang dapat merugikan diri sendiri, sebisa mungkin jauhi minuman keras dan saat berkendara selalu ingat tertib berlalu lintas, bila sudah cukup umur segera buat SIM (Surat Ijin Mengemudi) sebagai kelengkapan,” ucap Kasat.

Selanjutnya Kasat juga mengajak para pelajar untuk menjahui narkoba dan jangan pernah untuk mencari tahu apa itu narkoba.

“Jangan pernah mencari tahu apa itu narkoba, ini maksudnya jangan pernah ingin tahu bagaimana rasa dari narkoba itu cukup tahu dan mengerti saja, karena kalau sampai tahu rasanya pasti akan ketagihan, untuk itu lebih baik jauhi saja,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Negeri 1  Lobalain yang diwakili oleh Wakasek Kesiswaan Yusuf Resi, STP menyambut baik akan penyuluhan yang dilakukan oleh Polres di sekolahnya. Menurutnya kegiatan seperti ini perlu dan rutin dilakukan agar dapat memberikan arahan positif  sehingga para pelajar tidak terjerumus ke jalan yang salah.

Menyambut itu Kasat mengatakan bahwa, binluh yang diberikan kepada pelajar adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Operasi Bina Kusuma Turangga 2023.

“Dalam rangka operasi Bina Kusuma Turangga 2023 yang saat ini telah digelar, kita ingin intensif berikan pembinaan dan penyuluhan kepada para pelajar, karena salah satu sasaran dalam operasi ini adalah kenakalan remaja, “ tutup Kasat. (6nur).