Bantuan Sosial Tunai, Polsek Lobalain Kawal Dan Pantau Pendistribusian

Bantuan Sosial Tunai, Polsek Lobalain Kawal Dan Pantau Pendistribusian
Kapolsek Lobalain IPTU Yames J. Mbau, S.Sos saat memantau langsung pembagian BST di Kantor Desa Sanggaoen, (22/6)

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Kepolisian Sektor Lobalain Polres Rote Ndao memantau dan mengamankan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat terdampak Covid – 19 yang bersumber dari Kementrian Sosial RI.

Pemberian Bantuan Sosial Tunai ini merupakan salah satu bentuk realisasi dari program Jaring Pengaman Sosial dari pemerintah pusat sebagai membantu masyarakat miskin dan yang paling rentan terdampak Covid 19, selain itu dapat meningkatkan ketahanan ekonomi dan daya beli bagi masyarakat rentan dalam masa pandemi Covid 19.

Untuk wilayah Kecamatan Lobalain hari ini pendistribusian BST bagi masyarakat Desa Sanggaoen bertempat di kantor Desa Sanggaoen, Kecamatan Lobalain, Senin (22/06/2020).

Kapolsek Lobalain IPTU Yames J. Mbau, S.Sos mengatakan, kegiatan pengamanan pembagian BST tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 Wita.

“ Hari ini, kami melakukan pengamanan pembagian BST di Kantor Desa Sanggaoen yang berada di wilayah hukum Polsek Lobalain,” ujar Kapolsek, yang memimpin langsung kegiatan pengamanan.

Kapolsek juga menjelaskan, kegiatan pembagian BST hari ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Sanggaoen yang menerima BST Tahap II dan III sebanyak 163 KK dengan nominal per/kk sebesar Rp. 1.200.000,00,- (satu juta dua ratus ribu rupiah). Dengan total keseluruhan Dana BST yang dibagikan berjumlah : Rp. 195.600.000 (seratus sembilan puluh lima juta enam ratus ribu rupiah).

Dalam pelaksanaannya, Bhabinkamtibmas Desa Sanggaoen Brigpol Mikris Nalle bersama petugas Desa, ikut memantau sekaligus mengatur masyarakat penerima BST untuk tetap melakukan physical distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter antar warga, sehingga tidak terjadi penyebaran Covid-19 selama berlangsungnya pembagian BST tersebut.

“ Ini juga sebagai bentuk antisipasi dimana sesuai arahan pemerintah bahwa dalam beraktifitas tetap mengutamakan protokol kesehatan, selain itu diharapkan dengan kehadiran Polisi di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam menjalankan aktifitas, “ imbuh Kapolsek.

Selain itu hadirnya kita langsung di lokasi untuk memantau jangan sampai ada penyelewengan atau pemotongan dana BST oleh oknum tak bertanggung jawab.

 “ Apabila nanti kami temukan adanya pemotongan atau pungutan liar, kami tidak akan segan-segan memprosesnya secara hukum,” tegas Kapolsek. (6”nur)