Sukseskan Program Vaksinasi, Polres Rote Ndao Gelar Rakor Lintas Sektoral

Sukseskan Program Vaksinasi, Polres Rote Ndao Gelar Rakor Lintas Sektoral
Karo Ops Polda NTT KOMBESPOL Ulami Sujadja yang didampingi Kabid TIK Polda NTT KOMBESPOL I Made Rasma J. Karang, S.I.K., M.Si. bersama Forkopimda Kabupaten Rote Ndao saat pimpin langsung Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka percepatan Vaksinasi di Wilayah Kabupaten Rote Ndao, yang digelar di Mapolres Rote Ndao, Sabtu (23/10).

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Dalam rangka mensukseskan Program Nasional tentang vaksinasi, pagi ini Kepolisian Resor Rote Ndao menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang berlangsung di Mapolres Rote Ndao, Sabtu (23/10/21).

Rapat yang tetap mengedepankan Protokol Kesehatan tersebut dipimpin langsung oleh Karo Ops Polda NTT KOMBESPOL Ulami Sujadja yang didampingi Kabid TIK Polda NTT KOMBESPOL I Made Rasma J. Karang, S.I.K., M.Si., bersama Kapolres Rote Ndao AKBP FELLI HERMANTO, S.I.K., M.Si. Yang dihadiri Sekda Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, M.M., Dandim 1627 Rote Ndao LETKOL INF. Educ Permadi, perwakilan Lanal Pulau Rote, Asisten I Pemda Rote Ndao Ir. Untung Harjito, Camat Se-Kabupaten Rote Ndao, Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Rote Ndao, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao dr. Nelly F. Riwu, Kepala FKUB Kabupaten Rote Ndao bersama para Pemuka Agama, Waka Polres Rote Ndao Kompol I Nyoman Surya Wiryawan, SH beserta PJU Polres Rote Ndao dan Para Kapolsek jajaran.

Dalam sambutan singkatnya Karo Ops berharap dalam penanganan Covid-19, seluruh elemen dan stake holder yang ada saling bekerjasama dan bergandengan tangan dalam melawan penyebaran Covid-19.

“Penanganan Covid-19 merupakan tugas kita bersama, dalam hal ini TNI-Polri bersama stake holder selalu bergandengan tangan dengan Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Daerah dalam menangani penyebaran Covid-19 terutama tentag Vaksinasi” ujar Karo Ops.

Rapat juga membahas mengenai cakupan Vaksin di wilayah Kabupaten Rote Ndao. Sampai saat ini cakupan Vaksin di wilayah Kabupaten Rote Ndao dengan total mencapai 28,90 % untuk dosis 1, 15,76 % untuk dosis 2, selanjutnya 86,99 % untuk dosis 3/booster yang diperuntukkan hanya kepada Tenaga Kesehatan.

Dari hasil capaian yang masih rendah inilah maka Kabupaten Rote Ndao yang sebelumnya masuk dalam PPKM Level 2, namun saat ini kembali turun ke PPKM Level 3. Ini menjadi perhatian serius oleh semua pihak termasuk Polres Rote Ndao.

Dalam kesempatan ini Karo Ops juga menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan vaksinasi, maka TNI-Polri akan menggelar vaksinasi massal secara serentak di seluruh wilayah NTT termasuk di wilayah Kabupaten Rote Ndao pada tanggal 06 Nopember mendatang.

Kegiatan vaksinasi ini nantinya akan dipantau langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dari Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk itu diharapkan agar dapat disosialisasikan kepada seluruh masyarakat yang belum divaksin agar dapat ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Karo Ops, seluruh pimpinan rapat sepakat untuk melakukan berbagai langkah dan upaya dalam rangka mempercepat pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat. Sehingga nantinya ketersediaan logistik vaksin yang sampai saat ini masih ada akan segera habis dan diberikan kepada masyarakat seluruhnya.

Selanjutnya Sekda Kabupaten Rote Ndao yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Rote Ndao, mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sangat mendukung penuh apa yang dicanangkan oleh TNI-Polri dalam hal pelaksanaan Vaksinasi di Wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Dikatakan Sekda, pihaknya akan mendukung penuh dengan berbagai dukungan yang diperlukan untuk mensukseskan kegiatan tersebut. (6”nur)