Rote Lestari, Polres Rote Ndao Serentak Tanam 1500 Pohon Penghijauan di 10 Titik Lokasi

Rote Lestari, Polres Rote Ndao Serentak Tanam 1500 Pohon Penghijauan di 10 Titik Lokasi
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. bersama Forkopimda dan peserta usai melaksanakan penghijauan serentak di Laham Polsek Lobalain, Kelurahan namodale, Kecamatan Lobalain, Rabu (23/08).

www.tribratanewsrotendao.com  –  Rote, Dalam rangka Rapat Konsultasi ASEAN Ministerial Meeting On Transnasional (AMMTC) +3 ke-13 Tahun 2023 di Labuan Bajo, dengan bertemakan “Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini” maka hari ini dilakukan penanaman 78.000 bibit anakan pohon secara serentak oleh Polri.

Kegiatan dilaksanakan mulai dari Mabes, Polda, Polres hingga Polsek jajaran.

Begitu halnya yang dilakukan oleh Polres Rote Ndao hari ini, bertempat di Lahan Polsek Lobalain, Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, bersama dengan anggota TNI-Polri dan ratusan pelajar dari SMA Negeri 1 Lobalain dan SMP Negeri 1 dan 3 Lobalain, sebanyak 250 pohon dari berbagai jenis ditanam dengan menggunakan metode “infus water”.

Sebelum kegiatan penanaman pohon dilakukan, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. bersama undangan Forkopimda melakukan zoom Meeting terlebih dahulu dengan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang yang disiarkan secara langsung dari Pulau Rinca Kabupaten Manggarai Barat serta dihadiri perwakilan Delegasi dari Negara Asia dan Para Pejabat utama Mabes Polri.

Hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut diantaranya Asisten I Kabupaten Rote Ndao Ir. Untung Harjito,  Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao Budi Narsanto, S.H, Wakapolres Rote Ndao Kompol Anthonius Mengga, Pasi Intel Lanal Pulau Rote Kapten Laut (P) Budi Sryono, Danramil Pantai Baru Kapten Cav. Agustinus Nada, Kepala Lapas Kelas III Ba'a Daniel Saekok, S.H, Lurah Namodale Agustinus Ndolu, Perwakilan Pengadilan Negeri Rote Ndao, Perwakilan badan instansi vertikal/BUMN/BUMD lingkup Kabupaten Rote Ndao, Takoh Agama dan tokoh masyarakat dan Pengurus Cabang Bhayangkari Rote Ndao.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan dan untuk Polres Rote Ndao serta jajaran, serentak menanam pohon sejumlah 1500 pohon di 10 titik diantaranya Lahan Polsek Lobalain, Polsubsektor Lobalain, taman wisata Batu Termanu, Mako Polsek Pantai Baru, sekitaran Mako Polsek Rote Timur, sekitar Mako Polsek Rote Selatan, areal Kantor Camat Rote Barat Laut, komplek pertanian Bunioen Rote Barat, kompleks Puskesmas Busalangga dan Mako Polsek Rote Barat Daya.

“Ini merupakan program Polri dalam rangka menjaga kelestarian dan keberlangsungan lingkungan hidup, diharapkan dengan adanya penghijauan serentak ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga generasi yang akan datang”, ujar Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan bahwa penghijauan yang dilakukan oleh Polres Rote Ndao, dilakukan dengan mengusung metode “infus water”, metode ini diklaim cocok untuk daerah yang susah air dan hemat tenaga.

“Kita lihat bersama bahwa setiap anakan pohon yang ditanam ada terdapat botol mineral yang diisi air, ini sederhana namun bermanfaat, botol tersebut merupakan sarana atau media air yang diperlukan pohon saat tumbuh kembang, dengan metode infus water kita tidak perlu menyiram setiap harinya karena pohon akan mendapat pasokan air secara berkelanjutan dan ini cocok di daerah yang airnya agak sedikit kurang serta menghemat tenaga”, jelas Kapolres.

Semoga aksi positif ini dapat terus menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama melestarikan lingkungan demi masa depan dan generasi yang lebih baik, imbuhnya. (6n)