Polri Peduli Budaya Literasi, Polres Rote Ndao Berikan bantuan Buku ke Sekolah Pulau Terpencil Terluar

Polri Peduli Budaya Literasi, Polres Rote Ndao Berikan bantuan Buku ke Sekolah Pulau Terpencil Terluar
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. saat menyerahkan buku dalam rangka Polri Peduli Budaya Literasi yang bertempat di di SD Negeri 1 Nuse, Dusun Polaor, Desa Nuse, Kecamatan Ndao Nuse, Kamis (21/09).

www.tribratanewsrotendao.comRote, Dalam mensukseskan Program “Polri Peduli Budaya Literasi”, Kepolisian Resor Rote Ndao memberikan bantuan buku di pulau terpencil terluar tepatnya di SD Negeri 1 Nuse, Dusun Polaor, Desa Nuse, Kecamatan Ndao Nuse, Kabupaten Rote Ndao, Kamis (21/09/2023).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam rangka peduli terhadap pendidikan anak-anak di seluruh pelosok Negeri di Indonesia. 

Pulau terpencil terluar yang terletak di sebelah utara Pulau Rote itu dapat ditempuh dengan perjalanan laut kurang lebih 1 jam dari pelabuhan rakyat Delha Nemberala Pulau Rote.

Sekitar pukul 11.10 Wita, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P., bersama PJU Polres Rote Ndao mengawali perjalanan menuju Pulau Nuse. Adapun PJU yang turut mendampingi diantaranya Kabag SDM AKP Silfianus Hardi, Kasat Intelkam IPTU Yohanes D. Pedan, SE., Kasat Polair IPDA I Nyoman Bagia Utama, S.I.P. dan Kapolsubsektor Ndao Nuse Aiptu Antonius K. Fahik.

Setibanya di SD Negeri 1 Pulau Nuse, Kapolres bersama rombongan diterima oleh Perwakilan Guru Mateos Adoe, S.Pd bersama seluruh pelajar. Tak ingin menyiakan waktu, Kapolres langsung menemui para pelajar.

Dalam kesempatan itu Kapolres memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh pelajar. Dikatakannya bahwa untuk menjadi seorang yang sukses tidak harus sekolah yang bagus dan fasilitas lengkap, namun dengan semangat dan keinginan kuat semua cita-cita dapat tercapai.

“Yang penting adalah rajin belajar, tetap semangat, jangan berkecil hati, walaupun sekolah di pulau terluar jangan jadingan halangan untuk meraih cita-cita setinggi-tingginya,” tutur Kapolres.

Tampak suasana kekeluargaan tergambar dalam kunjungan ini, seperti bapak dan anak Kapolres bercengkrama dengan para pelajar sambil memberikan pertanyaan ringan kepada mereka, dengan canda tawa anak-anak menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan.

Selanjutnya kepada para pengajar, Kapolres memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan semangat dalam membentuk generasi muda yang berintelektual di pulau terpencil terluar.

“Saya salut dan hormat kepada para pengajar di sekolah ini, sungguh mulia apa yang telah dilakukan, tetap semangat mengabdi dalam mendidik pada pelajar demi masa depan yang cerah,” ujar Kapolres.

Sejumlah 2 (dua) dus yang berisi berbagai jenis buku bacaan diserahkan dalam kesempatan ini dan kepada para pengajar, Kapolres juga memberikan bantuan paket sembako berupa beras, minyak goreng dan telur.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polri dalam mendorong budaya literasi dan minat baca terutama di kalangan pelajar sekaligus mencerdaskan anak bangsa.

"Buku merupakan jendela dunia, jadi sudah semestinya kita lestarikan budaya literasi dengan membaca, terutama pada era yang serba digital ini, peranan buku bacaan sangat penting dan bermanfaat bagi anak-anak sejak dini," imbuh Kapolres.

Ini bukti nyata bahwa Polri tidak hanya berperan dalam menjaga kamtibmas, tapi juga memiliki peran aktif dalam mendukung pendidikan dan perkembangan literasi di lingkungan masyarakat, tutupnya. (6n)