Pimpin Patroli KRYD, Kapolres Turun Langsung Berjibaku Upayakan Pemadaman Api Karhutlah di Perbatasan Rote Timur - Pantai Baru

Pimpin Patroli KRYD, Kapolres Turun Langsung Berjibaku Upayakan Pemadaman Api Karhutlah di Perbatasan Rote Timur - Pantai Baru
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. bersama anggota saat berupaya memadamkan api kebakaran lahan di areal persawahan Desa Lokamola, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (17/09) dini hari tadi.

www.tribratanewsrotendao.comRote, Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. turun langsung melakukan pemadaman api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lokasi persawahan di Desa Lokamola, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (17/09/2023) dini hari.

            Kapolres yang didampingi Wakapolres Kompol Anthonius Mengga, Kabag Ops AKP Muhamad Nawawi, S.H., Kasat Reskrim IPTU Yeni Setiono, S.H., Kasat Lantas IPTU Rally B. Lerrick, S.Sos, M.A.P., Kapolsek Rote Timur IPDA Yohn Fransius Kotta dan Kapolsek Pantai Baru IPDA I Wayan Suyadnya berjibaku bersama kepulan asap, memadamkan api dengan peralatan seadanya.

            Kapolres mengungkapkan, saat melintas tepat pukul 00.30 Wita terlihat ada kepulan asap tebal dan kobaran api di areal persawahan, tak ingin terjadi kebakaran yang semakin meluas, langsung turun dan padamkan.

            “Mengatispasi api merambat semakin luas ke area pemukiman maupun ke arah lainnya, kita langsung turun dan lokalisir area, kita lakukan dengan alat seadanya, karena di area itu tidak ada air, kita pakai dahan, ranting, kayu apapun yang penting bisa padamkan”, jelas Kapolres.

            Syukur Alhamdulillah, kita bisa padamkan dan tidak sampai membesar dan berakibat fatal, imbuhnya.

            Dikatakan Kapolres, kemarau yang sedang terjadi saat ini masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembakaran lahan dengan sembarangan apalagi tanpa pengawasan, karena itu bisa berbahaya.

            “Kami kembali mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok dan membakar lahan dikarenakan saat ini di wilayah Kabuoaten Rote Ndao sudah memasuki musim kemarau, di situasi ini sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, apalagi kalau disengaja,” imbau Kapolres.

            Menyikapi hal ini, Kapolres langsung memerintahkan Kapolsek Pantai Baru dan Kapolsek Rote Timur untuk merencanakan pertemuan secepatnya dengan Forkopimcam dan masyarakat yang akan dihadiri oleh Kapolres guna memberikan himbauan dan sosialisasi.

            “Segera rencanakan pertemuan dengan Forkopimcam dan masyarakat, saya akan hadir, kita beri himbauan sekaligus sosialisasi akan hukum bagi pelaku Karhutlah, ini penting, bagi masyarakat yang secara sengaja bakar lahan dan hutan ada sanksi hukumnya, saat ini wilayah kita mulai masuk musim kering, lebih baik kita cegah dari awal daripada kita harus kerja ekstra padamkam api,” perintah Kapolres.

            Lebih lanjut Kapolres juga memerintakan kepada anggota untuk rutin dan rajin melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) dan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka Harkamtibmas, dengan melaksanakan giat Patroli, sambang dan pengecekan di lokasi-lokasi rawan Kriminalitas, tempat/lokasi wisata dan objek-objek Vital lainnya serta tempat-tempat kegiatan/hiburan masyarakat, guna mencegah terjadinya aksi kejahatan yang dapat mengganggu kamtibmas di wilayah Kabupaten Rote Ndao. (6n)