Imigran Pencari Suaka Tanpa Dokumen, Polres Rote Ndao Amankan 13 Orang

Imigran Pencari Suaka Tanpa Dokumen, Polres Rote Ndao Amankan 13 Orang
3 Imigran yang berasal dari Irak saat diamankan di di Pantai Masi Dae titik Nol terselatan NKRI, Desa Dodaek, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Rabu (14/12).

www.tribratanewsrotedao.com – Rote, Mendapat informasi dari warga, bahwasanya ada kapal yang membawa imigran gelap dan akan memasuki wilayah perairan Rote Ndao, personel Polres Rote Ndao langsung bertindak cepat untuk menggali informasi tersebut.

Setelah ditindaklanjuti akan informasi tersebut, selanjutnya kemarin sekitar pukul 14.00 Wita, Tim Polres Rote Ndao tiba di Pantai Masi Dae titik Nol terselatan NKRI, Desa Dodaek, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, dimana saat itu langsung mendapati satu unit kapal berwarna putih dengan lis kuning bernama RUSHANI serta di dalamnya terdapat 3 orang ABK dan 13 Orang Imigran, Rabu (14/12/2022).

Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., membenarkan akan kejadian tersebut, menurutnya saat ini ke13 imigran dan 3 orang ABK langsung dibawa ke Mapolres untuk diamankan.

“Ke13 orang imigran tersebut terdiri dari tujuh orang laki-laki dan enam orang perempuan, diantaranya sembilan orang dewasa, tiga anak-anak dan seorang bayi laki-laki berusia satu tahun,” terang Kapolres.

Selain itu kita juga amankan 3 orang ABK dengan inisial AD (28), IP (29) dan RHG (30), ketiganya saat ini dalam pemeriksaan oleh pihak penyidik, imbuhnya.

Dari pemeriksaan awal terhadap para imigran didapat keterangan bahwa mereka berasal dari Irak dan secara keseluruhan tidak memiliki dokumen perjalanan baik paspor atau visa.

Adapun nama-nama para Imigran asal Irak, sebagai berikut :

1. Mushin Hassan, (Laki-laki)

2. Ilham Haji, (Perempuan)

3. Bnyat Khdhir, (Laki-laki)

4. Mond Khdhir, (laki-laki)

5. Abdulbaqi Abdulbaqi Hasan, (Laki-Laki)

6. Renas Gohdar Ali, (Perempuan)

7. Anahi Abdulbaqi Abdulbaqi, (Perempuan)

8. Dlsher Khder, (Laki-laki)

9. Rezhan Talih, (Perempuan)

10. Limas Dlsher, (Perempuan)

11. Ahmed Sdeek Omar, (Laki-laki)

12. Zherwan Hussen, (Laki-laki)

13. Beston Mohamd Ali, (Laki-laki)

Dan saat ini Polres Rote Ndao telah berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Kupang untuk penanganan lanjut para imigran. (6nur)