Peringati Harlah Pancasila, Presiden : Keberadaan Pancasila Merupakan Anugerah Dari Tuhan Yang Maha Esa

Peringati Harlah Pancasila, Presiden : Keberadaan Pancasila Merupakan Anugerah Dari Tuhan Yang Maha Esa
Upacara Bendera yang digelar oleh Kepolisian Resor Rote Ndao dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao yang dipimpin oleh Wakapolres Rote Ndao Kompol Anthonius Mengga, Kamis (01/06).

www.tribratanewsrotedao.com  –  Rote, Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Kepolisian Resor Rote Ndao menggelar Upacara Bendera di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, pagi ini Kamis (01/06/2023).

Upacara dipimpin langsung oleh Wakapolres Rote Ndao Kompol Anthonius Mengga yang mewakili Kapolres Rote Ndao, dihadiri para Pejabat Utama Polres Rote Ndao, Perwira staf, Bintara dan ASN Polres Rote Ndao.

Selanjutnya yang bertindak sebagai Perwira Upacara Kabag Ops AKP Muhamad Nawawi, S.H dan Komandan Upacara PS. Kasat Tahti IPDA Godfried E.S. Mail.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang dibacakan oleh Wakapolres, menyampaikan bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati,” ucap Waka dalam emmbacakan amanat Presiden.

Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” sambung Waka.

Masih dalam Amanat Presiden Republik Indonesia, Waka menyampaikan bahwa tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak, dan berelasi setiap individu manusia Indonesia sehingga akan terwujud nilai kemanusian dan solidaritas bangsa kita.

Lanjut Waka, pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Mengakhiri sambutan ini, saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang. Selamat Hari Lahir Pancasila,” ucap Waka dalam mengakhiri amanat. (6nur).