Cipta Kamtibmas Yang Aman dan Kondusif, Satuan Samapta Polres Rote Ndao Laksanakan Patroli Dialogis

Cipta Kamtibmas Yang Aman dan Kondusif, Satuan Samapta Polres Rote Ndao Laksanakan Patroli Dialogis
Satuan Samapta Polres Rote Ndao saat melaksanakan patroli rutin di seputar Kota Ba'a guna cegah gangguan kamtibmas, Selasa (10/01).

www.tribratanewsrotedao.com – Rote, Satuan Samapta Polres Rote Ndao melaksanakan kegiatan patroli dalam rangka menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Rote Ndao, Selasa (10/01/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di beberapa tempat dimulai dari Mapolres kemudian di beberapa titik lokasi dintaranya BRI Busalangga, PT. Pegadaian, Simpang Utomo, Pelabuhan Ba’a, Pasar Mertina hingga Pom Bensin Sanggaoen.

Dalam patroli tersebut Satuan Samapta menggunakan 1 unit mobil double cabin dengan melibatkan tim patroli dengan jumlah personel sebanyak 5 orang dan dipimpin oleh KBO Satuan Samapta Aiptu Fransiscus Chandra.

Disamping menyampaikan pesan-pesan katibmas kepada warga masyarakat yang ditemui, tim patroli juga menghimbau kepada masyarakat apabila menemui atau melihat adanya tindak kejahatan atau gangguan kamtibmas lainnya, agar segera melaporkan ke pihak Kepolisian.

Sementara itu Kasat Samapta Polres Rote Ndao IPTU Naftali Johannis Eduard Lede, S.H. mengatakan bahwa kegiatan patroli merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Satuan Samapta dengan tujuan untuk meminimalisir adanya tindak kejahatan.

“Setiap hari dan setiap saat, Satuan Samapta laksanakan patroli, untuk jam dan sasaran berubah setiap harinya, ini agar pelaku kejahatan tidak bisa tahu kapan adanya patroli Polisi, kita ketahui bahwa kejahatan itu dapat terjadi bukan hanya karena niat, namun dengan adanya kesempatan makanya bisa terjadi, itu yang kita ingin minimalisir,” ungkap Kasat.

Patroli tidak hanya berkendara dan pantau situasi lewat mobil, namun anggota turun dan temui warga guna bertatap muka langsung, sehingga kita dapat mengetahui perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah tersebut, imbuhnya.

Dengan kehadiran Polisi di tengah masyarakat diharapkan dapat mengantisipasi kerawanan Kamtibmas yang dapat terjadi, tak hanya itu diharapkan juga terjalinya hubungan yang baik antara Polisi dengan masyarakat. (6nur)