Bhabinkamtibmas Peduli Warganya, Terus Beri Himbauan serta Sosialisasi Kamtibmas dan TPPO

Bhabinkamtibmas Peduli Warganya, Terus Beri Himbauan serta Sosialisasi Kamtibmas dan TPPO
Bhabinkamtibmas Bripka Anderias Talelu saat menemui warga Desa Daleholu untuk berikan himbauan dan sosialisasi kamtibmas dan TPPO, Sabtu (07/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Bhabinkamtibmas rutin berikan himbauan dan sosialisasi kepada warga binaannya.

Demikian seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Daleholu, Desa Lenggulesu dan Desa Nggelodae BRIPKA Anderias Talelu, Sabtu (07/10/2023).

Pagi ini Bripka Andre begitu biasa disapa, menyambangi warga binaannya di Desa Daleholu, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao. Warga yang sedang duduk santai di pinggir jalan diajak mengobrol ringan sambil berikan himbauan.

Tampak tak ada jarak antara warga dan petugas Kepolisian, hal ini bertujuan untuk lebih memahami kebutuhan dan aspirasi masyarakat, serta membangun rasa saling percaya antara masyarakat dengan aparat Kepolisian.

Selain himbauan kamtibmas Bripka Andre juga memberikan sosialisasi tentang bahaya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Dikatakannya bahwa Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) merupakan kejahatan serius yang merusak hak asasi manusia dan kehidupan sosial di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. TPPO melibatkan perekrutan, pengangkutan, dan pemindahan seseorang dengan cara paksa, penipuan, atau pemaksaan lainnya untuk tujuan eksploitasi, seperti perdagangan seks, kerja paksa, atau pemaksaan dalam bentuk lainnya.

“Siapapun yang terlibat dalam TPPO adalah pelaku kejahatan serius, ini menyangkut hak seseorang dan juga kehidupan orang lain, untuk itu kita jangan sampai terjebak didalamnya. Untuk warga jangan sampai juga menjadi korban, jangan percaya ada oknum yang datang dan bilang bisa berikan pekerjaan dengan gaji tinggi,” tuturnya.

Perekrutan tenaga kerja, apalagi akan dipekerjakan di luar negeri semua ada prosesdurnya, kalau memang mau bekerja di luar negeri lewat jalur legal sehingga semua dapat dipertanggungjawabkan, imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya berharap peran serta dan kepedulian masyarakat dalam cipta kamtibmas, dikatakannya jelang Pemilu Serentak 2024 semua stake holder termasuk Kepolisian bersama warga harus saling bekerjasama dan berkolaborasi dalam mensuskseskan gelaran pesta demokrasi tersebut.

Melalui kegiatan sambang rutin, Bhabinkamtibmas berkomunikasi dengan warga secara langsung, berikan himbauan dan dengan demikian kepercayaan yang terbangun antara masyarakat dan Bhabinkamtibmas membuat warga merasa lebih aman dan terbuka untuk berbicara tentang masalah yang mereka hadapi. (6n)