Sambangi Warga Binaannya, Bhabinkamtibmas Sosialisasi Cegah PMK

Sambangi Warga Binaannya, Bhabinkamtibmas Sosialisasi Cegah PMK
Bhabinkamtibmas Desa Lekunik Polsek Lobalain Bripka Sumantri saat menyambangi salah satu warganya Joel Bailao di rumahnya Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain guna memberikan sosialisasi cegah PMK (Penyakit mulut dan Kuku), Rabu (20/07/2022).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Antispasi Penyebaran PMK (Penyakit mulut dan Kuku) pada hewan Sapi dan juga pada kambing, Bhabinkamtibmas Desa Lekunik Polsek Lobalain Bripka Sumantri sambangi warganya yang memiliki hewan ternak, Rabu (20/07/2022).

Joel Bailao, salah satu warga desa binaannya yang beralamat di RT 009 / RW 004 Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain ini memiliki ternak jenis sapi sebanyak 3 ekor.

Seluruh hewan ternaknya tersebut ia kandangkan yang terletak di samping rumahnya, menurutnya dengan mengkandangan hewan-hewan tersebut dirinya lebih mudah mengawasi dan memberi pakan.

“Kalau hewan ketong (kita) kandangkan maka, maka ketong (kita) lebih enak, awasi gampang dan kasih makan juga gampang, “ tutur Joel.

Sementara itu, menurut Bripka Sumantri, kedatangannya menyambangi warganya untuk memonitor serta mengecek hewan-hewan ternak serta melakukan himbauan guna pencegahan penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Selain itu juga dirinya menghimbau agar warga selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kandang.

“Kegiatan monitoring ini dilakukan secara rutin kepada seluruh warga binaan yang memiliki hewan ternak, selain pengecekan langsung kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kandang dan hewan ternaknya, ini guna mencegah penyebaran penyakit PMK (penyakit mulut dan kuku),” tutur Bripka Sumantri.

Dirinya berharap dengan kerjasama dan koordinasi bersama instansi terkait, serta gencarnya himbauan kepada warga, penyebaran penyakit PMK (penyakit mulut dan kuku) di wilayah kabupaten Rote Ndao khusunya di desa binaannya dapat diminimalisir.

“Apabila ditemukan hewan ternak yang terjangkit PMK atau ada gejala sakit lainnya, agar pemilik ternak segera menghubungi petugas Bhabin selanjutnya dokter hewan terdekat atau Dinas terkait, sehingga dapat diambil langkah cepat dalam penanganannya,” pintanya.

Selain himbauan pencegahan penyakit PMK (penyakit mulut dan kuku), ia juga menyampaikan pesan kamtibmas dan juga edukasi tentang protokol kesehatan serta vaksinasi Covid 19, dirinya berharap warga yang belum vaksin booster agar segera vaksin sehingga terhindar dari penularannya. (6nur)