Sambangi Sekolah, Personel Polsek Lobalain Berikan Sosialisasi Vaksinasi

Sambangi Sekolah, Personel Polsek Lobalain Berikan Sosialisasi Vaksinasi
Kanit Bimmas Polsek Lobalain Aipda I Wayan Partama, S.T. saat memberikan sosialisasi hukum dan vaksinasi Covid-19 di depan siswa SMP N 4 Lobalain, pagi ini Rabu (16/02).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam rangka meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, personel Polsek Lobalain melaksanakan sambang ke SMP N 4 Lobalain yang berlokasi di Dusun Nautasik, Desa Suelain, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, pagi ini Rabu (16/02/22).

Kedatangan Kanit Bimmas Polsek Lobalain Aipda I Wayan Partama, S.T. bersama Kapolsubsektor Suelain Bripka I Wayan Budiarta untuk memberikan sosialisasi kepada para siswa.

Dalam penjelasannya Kanit Binmas, mengatakan bahwa dengan mengikuti vaksinasi maka dapat membentengi diri dari penyebaran virus Covid-19.

“Vaksinasi itu penting, saat ini vaksinasi dilaksanakan secara gratis oleh pemerintah, maka dari itu kita harapkan ade-ade yang belum vaksin agar segera mengikuti vaksinasi, saat ini sudah banyak tempat yang melayani vaksinasi, selain di Puskesmas Ba’a, ada Gerai Vaksinasi yang dilaksanakan oleh Polri bersama Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan di desa-desa,” ucap Aipda Wayan.

Selain itu juga, para siswa diingatkan akan disiplin Prokes Covid-19, dengan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir atau handsanitizer, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

Tak hanya materi tentang Vaksinasi, kegiatan sambang dan sosialisasi juga memberikan materi tentang hukum. Diharapkan dengan pengetahuan hukum sejak dini kepada siswa akan dapat mencegah terjadinya kenakalan remaja, karena usia sekolah sangat rentan terjerumus ke perilaku kriminalitas.

Bersamaan dengan itu, Kepala Sekolah SMP N 4 Lobalain Jacoba Juliana Nenotek, S.Pd menyambut baik akan kedatangan personel Polsek di sekolahnya. Dikatakanya dengan kehadiran anggota Polri memberikan warna segar dalam kegiatan belajar mengajar, pasalnya kedatangan mereka bukan hanya untuk sekedar melihat situasi namun juga memberikan sosialisasi yang bermanfaat.

“Saya atas nama sekolah mengucapkan terima kasih kepada Polsek Lobalain, hari ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kami karena hadirnya personel Polri di sekolah kami, walaupun bukan pertama kali namun setiap kehadiran Polisi dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi kami semua,” ujar Ibu Jacoba.

Dirinya pun berharap kiranya pihak Polsek Lobalain menjadwalkan secara rutin untuk menyambangi sekolahnya dengan memberikan sosialisasi dengan materi-materi bermanfaat lainnya.

Sementara itu Kapolsek Lobalain IPDA I Gede Putu Parwata, S.H., menjelaskan bahwa saat ini Polsek Lobalain sedang menggencarkan program unggulan “DOBRAK” (Disiplin, Obyektif, Beretika, Responsif, Adil dan Kreatif), melalui program ini diharapkan dapat menjalin dan mendekatkan diri dengan seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai kegiatan positif.

"Seperti yang dilakukan oleh personel pagi ini, dimana mereka menyambangi SMP N 4 Lobalain dan memberikan sosialisasi, ini merupakan salah satu kegiatan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat mulai dari anak-anak sekolah hingga ke para tokoh-tokoh masyarakat dengan tujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kriminalitas serta tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, “ jelas Kapolsek.

Di akhir kegiatan, dilanjutkan dengan pemeriksaan Protokol Kesehatan di lingkungan sekolah, dari pemeriksaan yang dilakukan masih didapati beberapa siswa yang tidak memakai masker dan selanjutya diberikan teguran.

Selain kepada para pelajar, personel Polsek juga menghimbau kepada para guru agar selalu menerapkan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, dijelaskan bahwa semua pihak memiliki peran penting untuk memberikan pembelajaran untuk mematuhi protokol kesehatan, sehingga kedepan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sebagaimana mestinya. (6nur)