Sambang Warga Nelayan, Kapolres Imbau Jaga Keselamatan dan Jaga Kamtibmas

Sambang Warga Nelayan, Kapolres Imbau Jaga Keselamatan dan Jaga Kamtibmas
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. saat melaksanakan kegiatan sambang ke masyarakat nelayan di Desa Persiapan Oelaba, Kecamatan Rote Barat Laut, Jumat (29/03).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pesisir, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. melaksanakan kegiatan sambang ke masyarakat nelayan di Desa Persiapan Oelaba, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, Jumat (29/03/2024).

Kegiatan sambang ini dilaksanakan sebagai bentuk langkah proaktif Polres dalam menjalin hubungan dan meningkatkan tali silaturahmi antara warga dan Kepolisian.

Kapolres mengungkapkan bahwa dengan kegiatan sambang ini dapat mengetahui dan mendengar langsung bagaimana keluh kesah masyarakat nelayan sekaligus bentuk komitmen Polri yang akan dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Kami selalu berupaya untuk hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama dengan mereka yang berperan penting dalam sektor kelautan seperti para nelayan ini, melalui kegiatan sambang ini, kita dapat mendengar langsung permasalahan ataupun keluh kesah yang dihadapi oleh para nelayan, sekaligus memberikan informasi terkait kamtibmas dan upaya-upaya dalam menjaga keamanan di wilayah ini,” jelas Kapolres.

Dalam suasana yang santai tampak tak ada jarak antara seorang pemimpin dan warganya, walaupun warga yang saat itu bertelanjang dada mereka berdiskusi dan berbagi informasi yang bermanfaat untuk kepentingan bersama.

Dalam kesempatan itu Kapolres juga memberikan himbauan terkait pencegahan tindak kriminal, keselamatan pelayaran, dan peran masyarakat dalam mendukung upaya menjaga keamanan laut.

Tidak lupa, Kapolres juga berpesan untuk tetap menjaga kesehatan karena dengan badan yang sehat semua aktifitas dapat berjalan dengan maksimal, serta tetap jaga kebersihan pantai jangan buang sampah terutama sampah plastik di laut karna bisa merusak biota dan ekosistem laut .

Saya berpesan pada bapak- bapak nelayan, apabila pergi melaut agar menggutamakan keselamatan serta tetap memakai pelampung, waspada akan cuaca buruk/extreme serta angin kencang, karena perubahan terjadi sewaktu-waktu saat ini dan bisa mengancam keselamatan, dan yang terakhir apabila menemukan hal yang mencurigakan agar segera melaporkan ke pihak keamanan supaya cepat ditindak lanjuti, imbuhnya. (6n)