Rumah Watson Kiuk Warga Desa Nggodimeda Ludes Dilalap Si Jago Merah

Rumah Watson Kiuk Warga Desa Nggodimeda Ludes Dilalap Si Jago Merah
Anggota piket Polsek Rote Tengah Polres Rote Ndao saat mendatangi dan melakukan oleh TKP rumah terbakar di RT 009 / RW. 005 Dusun Pedalain, Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah, dini hari tadi (28/07).

www.tribratanewsrotendao.com  –  Rote, Rumah berdinding pelepah gewang dan beratapkan seng yang  berukuran 7 x 6 M dan dapur dengan ukuran 6 x 4 yang terbuat dari dinding pelepah gewang dan beratapkan daun Lontar milik Watson Kiuk warga RT 009 / RW. 005 Dusun Pedalain, Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao ludes dilalap si jago merah.

Kapolsek Rote Tengah IPDA Charles Rihi Pati menuturkan kejadian terjadi pada malam tadi sekitar pukul 02.00 dini hari, Sabtu (29/07/2023).

“Tadi pagi dini hari, anggota piket mendapat laporan bahwa ada rumah warga yang terbakar, anggota langsung menuju TKP”, jelas Kapolsek.

Kapolsek mengatakan, aparat telah memeriksa pemilik rumah dan para saksi. Berdasarkan keterangan saksi dan korban, api berasal dari celah antara rumah induk dan dapur.

“Awalanya istri korban dan juga pemilik rumah Elvy Pellondou (43) terbangun karena merasa ada kobaran api antara rumah dan dapurnya, kemudian dia membangunkan anak dan keluarganya untuk segera keluar rumah”, jelas Kapolsek.

Saat api mulai melahap bagian belakang rumah dan dapur, korban sempat menyelamatkan barang miliknya berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Mio, 1 unit televisi merk LG, 1 unit reciver dan surat-surat berharga, kemudian korban berteriak memanggil dan meminta bantuan warga sekitar.

Selanjutnya warga dan tetangga sekitar berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, karena keterbatasan air dan angin kencang, api cepat merambat ke seluruh rumah hingga akhirnya ludes terbakar.

“Beruntung kejadian ini tidak ada korban jiwa, akibat kebakaran tersebut sejumlah barang berharga, serta material lain ludes terbakar dan kerugian diperkirakan hingga 100 juta”, beber Kapolsek.

Kapolsek juga menuturkan, pemilik rumah Watson Kiuk saat ini berada di Papua. Pemilik rumah memang tidak ada di tempat, yang ada hanya istri, anak dan saudaranya, beliau merantau dan bekerja di Papua”, imbuhnya.

Pihaknya juga masih menyelidiki kepastian penyebab kebakaran tersebut, menurut hasil keterangan korban dan saksi, api diduga akibat korsleting listrik.

“Kita belum bisa pastikan penyebab kebakaran, dugaan awal akibat korsleting listrik, namun kita akan dalami kejadian ini”, tutup Kapolsek. (6nur)