Peringati Hari Bhayangkara ke 76, Polres Rote Ndao Gelar Upacara Tabur Bunga

Peringati Hari Bhayangkara ke 76, Polres Rote Ndao Gelar Upacara Tabur Bunga
Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H. bersama Ketua Cabang Bhayangkari Rote Ndao Ny. Tria Nyoman Sandita saat akan melarung krans bunga ke laut dalam Upacara Tabur Bunga Hari Bhayangkara ke 76, di Dermaga Ba'a, Rabu (29/06).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam puncak rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke - 76 tahun 2022, Polres Rote Ndao melaksanakan Upacara Tabur Bunga di Dermaga Ba’a, Rabu (29/06/2022).

Upacara Tabur Bunga dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., yang bertindak selaku Inspektur Upacara, dengan Komandan Upacara Kapolsek Lobalain IPDA I Gede Putu Parwata, S.H. dan Perwira Upacara Kasat Binmas IPTU Bambang Hartoyo.

Rangkaian upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dengan komando dari Komandan Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, kemudian pelarungan karangan bunga dan tabur bunga ke laut dan dilanjutkan penghormatan terakhir dan pembacaan doa.

Kapolres yang didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Rote Ndao Ny. Tria Nyoman Sandita melarung krans bunga ke laut sebagai tanda penghormatan kepada pahlawan bangsa yang telah gugur dalam memperjuangan kemerdekaan.

Selanjutnya diikuti oleh para PJU, Kapolsek jajaran dan staf Bhayangkari dengan menabur bunga di tempat yang sama.

Hadir dalam Upacara Tabur Bunga para PJU Polres Rote Ndao, Kapolsek jajaran, Ketua Cabang Bhayangkari Rote Ndao berserta staf, personel satuan fungsi Polres dan staf gabungan Polsek jajaran.

Usai kegiatan, Kapolres mengatakan bahwa upacara ini merupakan perwujudan penghormatan Polri kepada para pejuang yang telah mengorbankan nyawanya dalam meraih kemerdekaan, pejuang yang gugur di darat maupun yang gugur di laut, perjuangan ini berhasil dikarenakan semua bersatu padu melawan penjajah dalam merebut kemerdekaan.

“Kegiatan peringatan kepada pahlawan dengan Upacara Tabur Bunga merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya jelang Hari Bhayangkara, ini semua kita lakukan untuk memperingati dan menghargai segala perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan hingga nyawa pun dikorbankan, Bangsa yang besar adalah Bangsa yang tidak lupa dengan Pahlawannya, “ jelas Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan serupa digelar di dua tempat yang berbeda dimana salah satunya di Dermaga Ba’a dan di kediaman Purnawirawan Polri.

“Hari ini kegiatan Tabur Bunga dilaksanakan di dua tempat berbeda, dimana yang satu adalah yang kita telah laksanakan ini dan satunya lagi di kediaman Almarhum Purnawiran Pieter Dony, beliu merupakan sesepuh dan senior Polri khususnya di Polres Rote Ndao, dimana beliau telah mendedikasikan diri dan jasanya kepada tanah Rote, “ ujar Kapolres. (6nur)