Operasi Keselamatan Mulai Digelar, Polres Rote Ndao Siagakan Personel

Operasi Keselamatan Mulai Digelar, Polres Rote Ndao Siagakan Personel
Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., saat menyematkan pita tanda operasi dalam Apel Gelar Pasukan di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, pagi ini (01/03).

www.tribratanewsrotendao.com Rote, Guna cipta kondisi jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, Kepolisian Resor Rote Ndao menggelar Apel Kesiapan dalam rangka Operasi Keselamatan Tahun 2022, bertempat di Lapangan apel Mapolres pagi ini Selasa (01/03/2022).

Dengan Inspektur Upacara Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita , S.H., S.I.K., M.H., dan Komandan Upacara IPDA Jacob S. Bessie, upacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam amanatnya Kapolres membacakan amanat Kapolda Nusa Tenggara Timur, Kapolda mengingatkan bahwa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, jajaran Kepolisian diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” ucap Kapolres dalam membacakan amanat Kapolda NTT.

Selanjutnya Kapolda juga memberikan penekanan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Keselamatan, antara lain :

  1. Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran Virus Covid-19;
  1. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas dan bahaya Covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media  sosial;
  2. Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri;
  3. Lakukan Operasi Keselamatan ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat;
  4. Kita wujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid-19   dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan;
  5. Selalu memanjatkan doa agar Operasi Keselamatan Tahun 2022 yang dilaksanakan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat.

          Hadir dalam kegiatan upacara diantaranya Wakapolres Rote Ndao Kompol I Nyoman Surya Wiryawan, S.H., para Kabag, para Kasat dan Kapolsek jajaran.

          Dengan peserta upacara terdiri dari satu peleton Satuan Samapta, satu peleton Satuan Lantas, satu peleton gabungan Staf Polres dan satu peleton gabungan Reskrim & Intelkam.

          Diketahui bahwa Operasi Keselamatan Turangga 2022 akan digelar selama 14 hari mulai dari tanggal 01 Maret sampai dengan tanggal 14 Maret 2022. (6nur)