Melalui Patroli Sambang, Polsek Rote Barat Daya Beri Imbauan Antisipasi TPPO

Melalui Patroli Sambang, Polsek Rote Barat Daya Beri Imbauan Antisipasi TPPO
Regu piket SPKT III AIPDA Edwin Christian Seran bersama BRIGPOL Ode Andi saat menyambangi warganya di Desa Sakubatu dan Desa Batutua, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Selasa (20/06).

www.tribratanewsrotendao.com  –  Rote, Personel Polsek Rote Barat Daya melaksanakan patroli sambang kamtibmas dalam rangka antisipasi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan tindak kriminalitas lainnya. Sambang ini dilaksanakan oleh personel regu piket SPKT III.

Dua anggota regu piket SPKT III AIPDA Edwin Christian Seran bersama BRIGPOL Ode Andi menyambangi warganya di Desa Sakubatu dan Desa Batutua, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Selasa (20/06/2023).

Menurut AIPDA Edwin, patroli sambang ke warga masyarakat dilakukan sebagai bagian dari rutinitas dalam rangka menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif serta mencegah terjadinya tindak pidana perdagangan orang.

“Saat ini di NTT terkhusus wilayah Rote Ndao terindikasi adanya tindak pidana perdagangan orang, oleh karena itu disetiap kita melaksanakan patroli sambang ke warga kita juga berikan sosialisasi tentang bahaya perdagangan orang, kita tidak ingin ada warga di wilayah hukum Polsek Rote Barat Daya yang menjadi korban”, jelas AIPDA  Edwin.

Sementara itu, Kapolsek Rote Barat Daya IPDA Esbon Toelle menuturkan bahwa dalam rangka pencegahan tindak pidana perdagangan orang, pihaknya mengedepankan peran Bhabinkamtibmas serta personel piket untuk rutin sambang dan patroli dengan memberikan imbauan dan sosialisasi.

 “Seluruh personel kami kerahkan terutama personel Bhbinkamtibmas sebagai garda terdepan, untuk tingkatkan patroli sambang dengan memberikan imbauan agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan sehingga terciptanya Harkamtibmas yang aman dan kondusif serta mengantisipasi praktek perdagangan orang”, ujar Kapolsek.

Selanjutnya Kapolsek juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait untuk bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah. Salah satunya dengan saling menjaga dan aktif dalam meninimalisir gangguan kamtibmas.

“Kamtibmas yang aman dan kondusif adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pihak Kepolisiann, untuk itu mari bersama-sama dengan Polri menjaga kondusifitas Kamtibmas yang aman dan nyaman di lingkungannya masing- masing”, pinta Kapolsek. (6nur)