Kapal Patroli Polisi Kutilang - 5005 Ditpolair Korpolairud Baharkam Mabes Polri Sambangi Wilayah Terselatan NKRI Pulau Rote

Kapal Patroli Polisi Kutilang - 5005 Ditpolair Korpolairud Baharkam Mabes Polri Sambangi Wilayah Terselatan NKRI Pulau Rote
Kedatangan kru Kapal Patroli Polisi Kutilang - 5005 milik Ditpolair Korpolairud Baharkam Mabes Polri yang dipimpin Komandan oleh Kapal Kompol Capt. FAP. Silalahi, S.ST., M.M., M.Mar. saat tiba di Pelabuhan Papela Kecamatan Rote Timur dan disambut langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. dengan penyematan topi adat Rote Ti'ilangga dan selendang Rote, Minggu (10/12).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Melaksanakan tugas patroli di wilayah Hukum Perairan Polda Nusa Tenggara Timur, Kapal Patroli Polisi Kutilang - 5005 milik Ditpolair Korpolairud Baharkam Mabes Polri menyambangi Pulau Terselatan NKRI Pulau Rote, Minggu (10/12/2023).

Sebelumnya, diketahui Kapal Patroli Polisi Kutilang - 5005 berangkat dari Pangkalan Aju di Labuhan Bajo, dan telah singgah serta sambang di Pulau Sabu Raijua. Dengan menempuh perjalanan sekirar 12 jam, sejak Sabtu dini hari lalu, Kapal Patroli Polisi dengan panjang 37 meter dan lebar 7 meter serta bobot 207 ton tersebut saat ini telah bersandar di Pelabuhan Papela Kecamatan Rote Timur.

Kapal Patroli Polisi yang dipimpin Komandan oleh Kapal Kompol Capt. FAP. Silalahi, S.ST., M.M., M.Mar., mengungkapkan bahwa patroli perairan ini dilaksanakan secara rutin oleh Korpolairud Baharkam Mabes Polri guna menjaga harkamtibmas khususnya di wilayah perarian dan juga melakukan penegakkan hukum.

“Misi kami selain melaksanakan patroli rutin di wilayah perairan Polda NTT dalam rangka Harkamtibmas, juga melakukan penegakan hukum apabila ditemukan pelanggaran, dan tugas kami sesuai perintah Pimpinan adalah Sambang Nusa yaitu berpatroli menyambangi pulau - pulau terluar dan terdepan berpenduduk antara lain diantaranya Pulau Rote dan Pulau Sabu," ujar Kompol Capt. FAP. Silalahi.

Kedatangan kru kapal patroli disambut langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. di pelabuhan rakyat Papela. Dengan penyematan topi adat Rote Ti’ilangga dan pengalungan kain adat sebagai simbol selamat datang kepada para tamu yang memasuki dan menyambangi Pulau Rote, Kapolres berharap kunjungan ke Pulau Rote dapat memberikan kesan tersendiri.

Usai acara penyambutan, Komandan Kapal langsung bertatap muka dengan para nelayan Papela yang berjumlah sekitar 40 orang, dalam kesempatan itu Komandan Kapal memberikan himbauan Kamtibmas serta pengetahuan peraturan perundang undangan maritim.

Tak hanya itu, nelayan juga diberikan bantuan berupa paket sembako dan sarana kontak antara lain Kotak P3K, alat keselamatan life body serta bendera merah putih.

Diakui Kapolres, dirinya sangat gembira dan bangga menyambut dan menerima kehadiran Kapal buatan Polandia yang mempunyai Pangkalan Utama di Mabes Polri Jakarta itu.

”Ini pertama kali di Rote, wilayah kita disinggahi langsung oleh Kapal Patroli Mabes Polri, jadi ini adalah sejarah dan untuk itu saya sangat senang sekali. Tadi, seluruh anak buah kapal yang berjumlah 23 personel telah kita ajak jalan-jalan keliling Pulau Rote, singgah dan menikmati keindahan alamnya,” tutur Kapolres.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran Polres Rote Ndao dengan pangkat dua bunga yang sebelumnya telah cukup lama berdinas di Korpolairud Baharkam Mabes Polri itu, akan dengan senang hati dan siap membantu demi kelancaran tugas Kapal Patroli tersebut.

Direncanakan, Kapal Patroli Polisi Kutilang – 5005 akan berlabuh selama 2 hari di wilayah Rote Ndao dan selanjutnya akan bertolak menuju ke Kupang. (6n)