Gelar Operasi Bina Karuna, Kasat Binmas Polres Rote Ndao Sosialisasikan Bahaya Karhutlah Lewat Gereja

Gelar Operasi Bina Karuna, Kasat Binmas Polres Rote Ndao Sosialisasikan Bahaya Karhutlah Lewat Gereja
Kasat Binmas Polres Rote Ndao IPTU Yeri L. Dowa, S.H. bersama Kapolsek Rote Barat Daya IPDA Esbon Toelle dan anggota saat menyambangi Gereja GMIT Talitakumi Nggauk di Kecamatan Rote Barat Daya dalam rangka memberikan himbauan dan edukasi Karhutlah, Minggu (10/09).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Operasi Bina Karuna Turangga 2023, Polres Rote Ndao melalui Satuan Binmas gencar memberikan sosialisasi, himbauan dan ajakan tenteng kepedulian dan bahaya Karhutlah kepada Masyarakat melalui bebagai cara.

Salah satunya yang dilakukan Kasat Binmas Polres Rote Ndao IPTU Yeri L. Dowa, S.H. dengan menyambangi Gereja GMIT Talitakumi Nggauk di Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Minggu (10/09/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat berdampak buruk terhadap lingkungan serta mengancam keamanan dan kesehatan masyarakat. Operasi ini dijalankan dengan tujuan utama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lahan serta mencegah praktek membakar lahan sembarang.

Dalam kesempatan tersebut Kasat Binmas yang didampingi Kapolsek Rote Barat Daya IPDA Esbon Toelle, mengajak kepada seluruh Jemaat untuk peduli akan lingkungan, Kasat juga menghimbau dan mengedukasi para Jemaat setempat tentang bahaya membakar lahan atau hutan, terutama karena saat ini sudah memasuki musim panas.

“Sekarang sudah masuk musim panas atau kemarau, tentu banyak lahan yang sudah mulai mengering, termasuk pohon dan daun juga ikut kering, ini tentunya sangat berbahaya dan rawan akan kebakaran, untuk itu saya mengajak bapa mama sekalian untuk peduli,” pinta Kasat.

Kasat juga menghimbau agar Masyarakat tidak melakukan pembakaran jika membuka lahan baru, dikatakanya dengan cara tersebut dapat membahayakan diri dan orang lain terlebih akan berdampak pada lingkungan.

Sementara itu, pihak Gereja sangat menyambut baik akan sosialisasi dan himbauan yang diberikan, pihak Gereja dan para Jemaat akan selalu mendukung Upaya Polres Rote Ndao dan jajaran dalam menjaga lingkungan melalui peduli Karhutlah.

Mengakhiri kegiatan dilakukan pemasangan stiker himbauan Kapolres Rote Ndao di depan Gedung Gereja, ini agar Masyarakat dan Jemaat dapat membaca langsung himbauan tersebut.

Dengan upaya-upaya preventif seperti ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan banyak pihak.

Operasi Bina Karuna Turangga 2023 Polres Rote Ndao akan tetap fokus dalam memberikan edukasi serta imbauan kepada masyarakat agar dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan mencegah Karhutlah. (6n)