6 WNA Terdampar Di Perairan Rote, Polres Rote Ndao Cepat Dan Sigap Menangani

6 WNA Terdampar Di Perairan Rote, Polres Rote Ndao Cepat Dan Sigap Menangani
Penanganan dan pemeriksaan kesehatan para Imigran di atas kapal oleh Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao (Cegah Virus Corona), Selasa (28/01/2020)
6 WNA Terdampar Di Perairan Rote, Polres Rote Ndao Cepat Dan Sigap Menangani

www.tribratanewsrotendao.com, Rote - Terdamparnya Kapal yang ditumpangi oleh 6 orang WNA asal China bersama 2 orang ABK asal WNI di perairan laut Piakakoli, Desa Faifua, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, langsung ditangani oleh Polres Rote Ndao, Selasa (28/01/2020).

Sebelumnya personel Satuan Polair Polres Rote Ndao mendapat informasi dari warga bahwasanya mendapati kapal yang terombang ambing di tengah laut tanpa arah tepatnya di perairan laut Piakakoli, Desa Faifua, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, curiga akan hal itu kemudian warga melaporkan kejadian tersebut.

Bergerak dengan  menggunakan kapal perahu nelayan personel Sat Polair mendekati perahu tersebut. Saat dilakukan pemeriksaan benar bahwa terdapat 6 orang Warga Negara Asing yang berasal dari Cina dan 2 orang Warga Negara Indonesia sebagai ABK.

Tak ingin gegabah dalam penanganan Imigran ini, apalagi diketahu bahwa saat ini lagi maraknya virus Corona yang telah menjangkiti banyak orang yang berasal dari Cina, Satuan Polair Polres Rote Ndao berkoordinasi dengan Pos AL Papela Rote Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan dapat disimpulkan bahwa keenam WNA dan 2 WNI tersebut negative akan terjangkit Virus Corona.

Namun untuk pencegahan keenam WNA tersebut tetap ditempatkan di atas kapal hingga diserahkan ke Pihak Imigrasi Kupang untuk proses deportasi selanjutnya.

Dari keterangan yang didapat bahwa keenam WNA Cina tersebut sebelumnya hendak mencari suaka ke Negara Australia, namun belum sampai ke Australia mereka dicegat oleh pihak keamanan Australia dan diusir kembali ke perairan Indonesia, saat kembali kapal motor yang ditumpangi kehabisan bahan bakar dan akhirnya terdampar di wilayah Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao. (6”nur)