Gatibplin Propam, Periksa Sikap Tampang Dan Kelengkapan Surat Personel Polres

Gatibplin Propam, Periksa Sikap Tampang Dan Kelengkapan Surat Personel Polres
Personel Propam Polres Rote Ndao saat memeriksa kelengkapan surat-surat para PJU Polres Rote Ndao, (20/04)

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Seksi Propam Polres Rote Ndao bersama dengan anggotanya menggelar kegiatan penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktibplin) terhadap seluruh anggota Polres Rote Ndao pagi ini, Senin (20/04/2020).

Kegiatan pemeriksaan dilaksanakan di  lapangan apel Mapolres Rote Ndao usai pelaksanaan apel pagi. Sekitar pukul 07.45 Wita kegiatan dimulai dengan satu persatu anggota Polri diperiksa penampilan dan sikap tampang serta kerapihan dalam berpakaian. Selain itu juga, identitas diri tidak luput dari pemeriksaan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut.

Bukan hanya kepada personel, namun juga seluruh Pejabat Utama (PJU) Polres Rote Ndao juga diperiksa. Satu persatu pejabat juga diperiksa kelengkapan surat-surat pribadi. Kartu Tanda Anggota (KTA), Surat Ijin Mengemudi (SIM) serta surat-surat kendaraan bermotor baik pribadi maupun dinas pun tak luput dalam pemeriksaan ini.

Dalam pemeriksaanya, Ps. Kasie Propam IPDA Jacob S. Bessie juga menghimbau kepada seluruh anggota untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos).

“ Saya harapkan kepada seluruh anggota agar bijak dalam bermedia sosial, saat ini lagi pandemi Viris Corona, sharing sebelum share, baca baik-baik berita yang ada. Sebagai anggota harus lebih bijak karena apabila kita ikut menyebarluaskan berita hoax itu akan dapat mencoreng nama pribadi, keluarga dan juga institusi,” ujar Ipda Jack.

Sementara itu, dalam pemeriksan kali ini, masih ditemukan beberapa anggota yang belum rapi. Seperti potongan rambut yang tidak sesuai dengan ketentuan dan juga kelengkapan surat-surat, kepada para anggota yang masih melanggar langsung diberikan sanksi teguran untuk segera merapikan potongan rambut yang sesuai dengan ketentuan serta segera untuk melengkapi kekurangan surat-surat tersebut.

Wakapolres Rote Ndao KOMPOL Herman N. Lona, SH yang turut mengawasi jalannya pemeriksaan mengatakan bahwa pemeriksaan sikap tampang serta kelengkapan anggota ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan guna dalam rangka pengawasan terhadap anggota.

“ Anggota Polri yang sejatinya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, untuk itu kita harus lebih dahulu sebagai contoh yang baik, tidak boleh ada anggota yang menjadi contoh buruk, untuk itu kita harus periksa semua anggota. Selain itu ini merupakan salah satu fungsi pengawasan dan mengantisipasi pelanggaran dan penyimpanan yang dapat dilakukan oleh anggota,” jelas Waka.

Dengan diadakannya pemeriksaan gaktibplin ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran anggota, disiplin dalam diri terutama anggota adalah penting guna menunjang tugas dan performa di lapangan, tutupnya. (6”nur)