Ciptakan Pengamanan Swakarsa, Polres Rote Ndao Gelar Apel Satkamling

Ciptakan Pengamanan Swakarsa, Polres Rote Ndao Gelar Apel Satkamling
Kapolres AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H. saat menyerahkan Piagam Penghargaan kepada personel Bhabinkamtibmas yang menjuarai Lomba Satkamling tingkat Polres Rote Ndao pada Upacara Apel Satkamling yang digelar di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, Rabu (21/06).

www.tribratanewsrotendao.com  –  Rote, Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H, pimpin Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), yang digelar di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, pagi ini Rabu (21/06/2023).

Dalam amanatnya Kapolres membacakan Amanat Kapolri, yang mengatakan bahwa apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa”, ucap Kapolres.

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa, oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif, lanjutnya.

Dalam amanatnya, Kapolri berpesan agar dalam penyelenggaraan Satkamling. harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal.

“Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama”, ucap Kapolres saat membacakan amanat Kapolri.

Di sela-sela kegiatan, Kapolres menyerahkan Piagam Penghargaan kepada personel Bhabinkamtibmas yang menjuarai Lomba Satkamling tingkat Polres Rote Ndao.

Adapun Bhabinkamtibmas yang menerima penghargaan adalah Juara I diterima oleh BRIPKA I Ketut Triadnya, Bhabinkamtibmas Kampung Namondao, Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain, selanjutnya Juara II diterima oleh BRIPKA Jefri A. K. Adipapa, Bhabinkamtibmas Desa Hundihopo, Kecamatan Rote Timur dan Juara III diterima oleh BRIPTU Ferdinan Cakra Sudoso, Bhabinkamtibmas Desa Oenitas, Kecamatan Rote Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1627 Rote Ndao Letkol (Inf) Bayu Panji Bangsawan S.Si, M.H., perwakilan Satuan Pol PP Kabupaten Rote Ndao, perwakilan Lapas Kelas III Ba’a, Penjabat Kepala Desa Hundihopo Avert Bullan, S.Pd. Gr, para PJU Polres Rote Ndao dan Kapolsek jajaran. (6nur)