Membentuk Karakter Yang Beriman Dan Bertaqwa, Personel Polres Rote Ndao Ikuti Binrohtal

Membentuk Karakter Yang Beriman Dan Bertaqwa, Personel Polres Rote Ndao Ikuti Binrohtal
Personel umat Nasrani saat mengikuti Pembinaan Rohani dan Mental dibawah pimpinan Pdt. Matheos Thonak, S.Th , di aula Wirasatya Mapolres Rote Ndao, pagi ini Kamis (17/02).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Salah satu program dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah program Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal),  melalui program ini diharapkan dapat membentuk karakter anggota Polri khususnya personel Polres Rote Ndao yang bermartabat.

Kegiatan Binrohtal yang rutin dilaksanakan setiap hari Kamis, dilaksanakan di ruangan yang berbeda sesuai dengan agama masing-masing. Tampak hari ini di aula Wirasatya personel umat Nasrani melaksanakan Bimbingan Rohani dibawah pimpinan Pendeta Matheos Thonak, S.Th dengan mengambil tema “4 pilar pedoman dalam melakanakan tugas Kepolisian”.

Dalam khotbah singkatnya Pdt. Matheos mengajak anggota umat Nasrani agar mempedomani 4 pilar, antara lain Kejujuran, Kesetiaan, Keadilan dan Kebenaran.

“Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, saya mengajak kita semua untuk mempedomani 4 pilar ini, dengan kita berpegang teguh atas ajaran Tuhan maka setiap pelayanan yang kita berikan akan penuh dengan keikhlasan yang akhirnya memberikan manfaat kepada kita semua, “ ucap Pdt. Mateus.

Senada dengan Pendeta Matus Thonak, Binrohtal umat Muslim yang dilaksanakan di ruang V-Con Mapolres, dengan menghadirkan pengkhotbah Ustadz Zulkifli Harun, S.Pd.I juga mengajak seluruh personel umat Muslim untuk melaksanakan tugas dengan tetap berpedoman dengan Al-Quran dan Hadits.

Dikatakannya, bahwa setiap personel hendaknya tetap meneladani Nabi Besar Muhammad SAW dalam memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat. Nabi Muhammad SAW yang merupakan Rasul Allah SWT tetap setia dan taat dalam menjalankan tugasnya untuk menyebarluaskan ajaran Islam walaupun ada halangan dan rintangan yang dihadapi.

“Dengan berpedoman dengan Al-Quran dan Hadits, maka setiap personel dalam melaksanakan tugas akan tetap di jalan Allah, saya yakin dan percaya apabila kita semua dapat meneladani Nabi Muhammad SAW, maka setiap langkah kita akan diridhoi oleh Allah SWT,” ucap Ustadz Zulkifli.

Sementara itu personel umat Hindu melaksanakan Binrohtal di aula Polsek Lobalain, Binroh dipimpin oleh I Putu Eka Sanjaya dengan mengambil tema “Makna dari Hari Raya Nyepi”.

I Putu Eka yang juga merupakan Pandita Umat Hindu di Kabupaten Rote Ndao ini mengatakan bahwa, Nyepi merupakan sarana perenungan untuk segala hal yang telah dilakukan, dengan Nyepi insan manusia berkesempatan untuk mengevaluasi diri sendiri hingga menjadi pribadi yang lebih baik di masa mendatang.

Dengan melaksanakan Upacara Nyepi, umat Hindu taat untuk tidak bepergian, beraktivitas, menyalakan api atau listrik, dan momen itu sebagai bentuk untuk mendekatkan diri kepada Tuhan (Hyang Widhi), “ jelas Putu Eka.

Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua untuk tetap merefleksi akan makna dari Hari Raya Nyepi dengan tetap menjaga keseimbangan bhuana agung dan bhuana alit atau titik pertemuan sifat negatif dan positif, dengan demikian maka apa yang akan kita lakukan selalu ditimbang baik dan buruknya, imbuhnya.

Sementara itu Kabag SDM Polres Rote Ndao Kompol Iskandar Abubakar mengatakan bahwa kegiatan Binrohtal merupakan kegiatan rutin mingguan yang bertujuan untuk membentuk personel Polri Presisi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kegiatan ini sangat penting mengingat tugas anggota Polri sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga perlu adanya sentuhan rohani yang akhirnya dapat membentuk anggota Polri yang humanis, penuh etika dan bermartabat”, jelas Kabag. (6nur)