Cegah Karhutla, Polsek Pantai Baru Ajak Warga Peduli Lingkungan

Cegah Karhutla, Polsek Pantai Baru Ajak Warga Peduli Lingkungan
Personel Polsek Pantai Baru saat menyambangi warganya di Desa Ofalangga guna berikan imbauan Karhutla dalam rangka Operasi Bina Karuna 2022, Selasa (09/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya, dalam rangka Operasi Bina Karuna 2022 Polsek Pantai Baru mengajak dan menghimbau warganya untuk peduli lingkungan.

Berbagai kegiatan Preemtif dan Preventif dilakukan guna cegah Karhutla, dengan memberikan sosialisasi langsung kepada warga serta menyebar spanduk himbauan.

Seperti yang dilakukan hari ini, personel Polsek Pantai Baru menyambangi warganya di Desa Ofalangga, Kecamatan Pantai Baru, Kabupate Rote Ndao, Selasa (09/08/2022).

Kapolsek Pantai Baru IPDA I Wayan Suyadnya mengatakan, imbauan dan sosialisasi bertujuan  untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polsek Pantai Baru, mengingat wilayah Pantai Baru pada umumnya daerah yang kering dan rawan kebakaran.

“Kita tahu bahwa wilayah Pantai Baru pada umumnya daerah kering, apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim panas, tentu udara dan cuaca mulai panas, ini yang bisa akibatkan kebakaran, untuk itu kita minta warga untuk peduli, apabila ada lokasi yang rawan kebakaran agar selalu diperhatikan,” jelas Kapolsek.

Warga berperan penting dalam pencegahan, kita hanya bisa pantau secara rutin dan periodik, apabila ada kebakaran tentunya warga lebih tahu duluan, namun itu semua kita tidak inginkan akan terjadinya kebakaran, karhutla sangat merugikan untuk itu kita harus cegah dan antisipasi sejak awal, imbuhnya.

Dengan himbauan dan pencegahan karhutla yang dilakukan oleh Polsek Pantai Baru, warga Desa Ofalangga menyambut baik kegiatan itu.

Untuk itu warga akan dan serius dalam penanggulangan bencana Kebakaran di wilayah Pantai Baru khususnya di Desa Ofalangga. (6nur)