Tingkatkan Kemampuan Personel, Satuan Samapta Gelar Latihan Dalmas Persiapan Pemilu 2024

Tingkatkan Kemampuan Personel, Satuan Samapta Gelar Latihan Dalmas Persiapan Pemilu 2024
Personel Satuan Samapta saat melaksanakan latihan Dalmas yang dipimpin oleh Kasat Samapta IPTU Naftali J. Eduard Lede, S.H. di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, Rabu (13/09).

www.tribratanewsrotendao.comRote, Guna meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam Pengendalaian Massa (Dlmas) menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, Kepolisian Resor Rote Ndao melalui Satuan Samapta menggelar kegiatan latihan Dalmas, Rabu (13/09/2023).

Latihan yang digelar untuk memberikan pemahaman dan mengingat kembali bagaimana cara melakukan pengendalian massa mulai awal hingga penggunaan kekuatan penuh.

Dalam kegiatan latihan Dalmas yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres itu dipimpin oleh Kasat Samapta IPTU Naftali J. Eduard Lede, S.H. dan disaksikan langsung Kabag Ops AKP Muhamad Nawawi, S.H., Rabu (13/09/2023).

Kabag Ops mengungkapkan bahwa latihan yang dilaksanakan sebagai bentuk pengulangan atau mengingat kembali berbagai materi Dalmas yang pernah didapat pada masa pendidikan dulu.

Dalmas bukan materi baru, dulu waktu pendidikan kita semua sudah dapat, apalagi Bintara Remaja pasti ingatannya masih fres, Dalmas sebagai pengendali massa yang bergerak dalam ikatan kesatuan untuk itu perlu diberikan latihan secara rutin”, ungkap Kabag Ops.

Latihan ini penting apalagi menjelang pelaksanaan kegiatan Pemilihan Umum yang akan digelar secara serentak pada tahun 2024 nanti, imbuhnya.

Sementara itu Kasat Samapta yang memberikan materi menjelaskan bahwa dalam latihan Dalmas yang digelar hari ini adalah Dalmas Awal dan Dalmas Lanjut (Gerakan Dalmas & Penggunaan peralatan Dalmas).

“Banyak gerakan-gerakan yang kembali kami ajarkan diantaranya sikap pokok gerakan PHH, sikap siap siaga PHH, sikap berlindung PHH, sikap dorong maju dan sikap desak maju serta berbagai formasi Dalmas”, ujar Kasat.

Diharapkan dengan kegiatan latihan ini, para personel dapat lebih meningkatkan kemampuan jelang Pemilihan Umum. Kesigapan seluruh personel dalam mengantisipasi kejadian tak terduga seperti adanya unjuk rasa ataupun kericuhan, perlu disiapkan dari sekarang. (6n)