Tekan Gangguan Kamtibmas, Kasat Binmas Polres Rote Ndao Sambangi dan Cek Pos Siskamling

Tekan Gangguan Kamtibmas, Kasat Binmas Polres Rote Ndao Sambangi dan Cek Pos Siskamling
Kasat Binmas Polres Rote Ndao IPTU Yeri Lazarus Dowa, S.H. saat mengecek salah satu Pos yang berlokasi di Desa Namondao, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Rabu (17/05).

www.tribratanewsrotedao.com – Rote, Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta upaya dalam menekan angka kejahatan, berbagai langkah dilakukan oleh Satuan Binmas Polres Rote Ndao.

Salah satunya dengan pembentukan Pos Siskamling di berbagai wilayah Desa Kabupaten Rote Ndao.

Dan untuk memastikan jalannya kegiatan di Pos Siskamling, Kasat Binmas IPTU Yeri Lazarus Dowa, S.H. mengecek salah satu Pos yang berlokasi di Desa Namondao, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Rabu (17/05/2023).

Menurut Kasat Binmas, kegiatan ini dilaksanakan selain untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan dari level bawah, juga untuk mendekatkan diri ke masyarakat serta memberikan motivasi kepada warga untuk meningkatkan ronda malam di lingkungan masing masing.

“Kami datang sengaja untuk mengecek kesiapan dan kegiatan yang dilakukan di Pos Siskamling termasuk kelengkapan di Pos, kita ingin kegiatan Pos berjalan sebagaimana mestinya dalam rangka cipta kamtibmas,” tutur Kasat.

Apalagi jelang Pemilu Tahun 2024 mendatang tentu kita ingin adanya kerjasama dengan masyarakat untuk bersama-sama jaga wilayahnya jangan sampai kejahatan atau gangguan kamtibmas meningkat karena jumlah personel Polisi yang terbatas, imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Kasat Binmas juga melakukan pengecekan perlengkapan pada Pos Siskamling dan menghimbau warga untuk tetap menjaga Kebersihan Pos.

Kasat Binmas juga menegaskan bahwa apabila petugas Pos Siskamling mendapati orang tidak dikenal yang akan masuk wilayah Desa, petugas bisa menanyakan indentitas dan keperluannya. Dan apabila menemui ada hal-hal yang mencurigakan dan mengarah tindak kriminal agar segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek.

“Bila ada orang baru mau masuk Desa, bisa tanya identitas dan apa keperluanya, tapi ingat harus tetap sopan santun, serta jangan membawa senjata tajam saat ronda dan jangan main hakim sendiri bila ada tindak kejahatan, segera hubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek,” pinta Kasat.

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat dan menurut warga ini merupakan pengetahuan lebih untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar. (6nur)