Satgas Binluh Operasi Bina Karuna Turangga 2023 Intensif Berikan Himbauan Dengan Pasang Stiker

Satgas Binluh Operasi Bina Karuna Turangga 2023 Intensif Berikan Himbauan Dengan Pasang Stiker
ersonel yang terlibat dalam Satgas Binluh Operasi Bina Karuna Turangga 2023 usai melaksanakan pemasangan stiker himbauan bahaya kebakaran hutan dan lahan di Kelurahan Metina, Sabtu (09/09).

www.tribratanewsrotendao.com  –  Rote, Dalam rangka pencegahan dan memberikan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan, Satuan Tugas Pembinaan dan Penyuluhan (satgas binluh) Ops Bina Karuna Turangga 2023 intens berikan imbauan, salah satunya dengan pemasangan stiker di tempat-tempat strategis.

Seperti yang dilakukan hari ini, personel yang terlibat dalam operasi melakukan pemasangan berbagai stiker himbauan agar dapat dibaca oleh masyarakat luas.

Kegiatan operasi kali ini dilaksanakan di Kelurahan Mokdale dan Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (09/09/2023).

Selain pemasangan Stiker peringatan bahaya kebakaran hutan dan lahan juga dilaksanakan kegiatan imbauan yang dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Rote Ndao IPTU Yeri L. Dowa, S.H.

Menurut Kasat, dengan pemasangan stiker himbauan karhutlah di tempat strategis, merupakan salah satu langkah dan upaya yang dilakukan untuk pencegahan.

“Dari awal operasi kami sudah perbanyak sosialisasi, himbauan hingga sambang ke masyarakat, pemasangan spanduk pun sudah, di akhir operasi ini kami intenskan untuk pasang stiker, ini dikandung maksud tak lain adalah agar masyarakat dapat membaca langsung sehingga tergerak untuk sadar akan bahaya karhutlah,” jelas Kasat.

Sekarang di wilayah Rote sudah memasuki musim panas dan kering, ini rawan akan terjadinya kebakaran, kita harapkan dengan berbagai langkah yang kita lakukan masyarakat semakin peduli dan waspada akan karhutlah, imbuhnya.

Kasat juga berharap kepada masyarakat untuk bersama dan bekerjasama dengan aparat Kepolisian, dimana apabila ada terjadi kerhutlah di wilayahnya untuk segera melaporkannya sehingga dapat diambil langkah cepat dan tepat dalam penanganannya.

Kasat pun mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindakan ataupun kegiatan yang berkaitan dengan dampak karhutlah, dirinya juga menyampaikan bahwa semua kegiatan yang bersifat merugikan orang dan lingkungan akan ada hukumannya.

“Saya berharap masyarakat semakin paham akan bahaya karhutlah, jangan buka lahan baru dengan bakar-bakar, atupun kegiatan lain yang disengaja dan akhirnya hutan atau lahan menjadi terbakar, yang pasti semua tindakan yang dapat merugikan orang atau lingkungan akan ada konseskuansi hukumnya”, tuturnya. (6n)