Sambangi Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Desa Pukuafu Berikan Himbauan Kamtibmas dan Edukasi TPPO

Sambangi Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Desa Pukuafu Berikan Himbauan Kamtibmas dan Edukasi TPPO
Bhabinkamtibmas Desa Pukuafu BRIPKA Abdul R. Rahim saat menyambangi warga tepatnya di Desa Pukuafu, Kecamatan Landu Leko, Rabu (18/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Sebagai anggota Polri yang mengemban tugas untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak Polri rutin sambangi warga desa binaan untuk menyerap informasi sekaligus memberikan pesan kamtibmas.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Pukuafu BRIPKA Abdul R. Rahim yang sambangi warga tepatnya di Desa Pukuafu, Kecamatan Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao, Rabu (18/10/2023) pagi.

Hal ini dilakukan guna mendekatkan diri dengan masyarakat, dengan terjalinya hubungan yang baik maka tugas akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kesempatan itu BRIPKA Abdul menyampaikan himbauan Kamtibmas yakni mengajak warga agar meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing guna mencegah tumbuh dan berkembangnya kelompok-kelompok anti Pancasila dan kelompok paham radikal.

“Apabila ada infomasi sekecil apapun yang terkait dengan permasalahan yang ada di Desa, agar langsung menghubungi Bhabinkamtibmas pada kesempatan pertama, sehingga setidaknya langkah awal dapat diambil guna meredam dampak yang lebih luas,” pintanya.

Selanjutnya, ia juga mengharapkan agar warga tidak terlibat dengan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), dikatakannya agar warga jangan tergiur akan adanya informasi bekerja di luar negeri dengan gaji tinggi namun dengan jalur yang tidak jelas.

“Sudah banyak saudara kita dari NTT yang menjadi korban perdagangan orang, untuk itu jangan percaya kalau ada yang datang bilang mau ajak kerja di luar negeri dengan gaji tinggi, setidaknya daftarkan diri ke pihak yang legal dan jelas apabila ingin bekerja keluar negeri,” ucap Bripka Abdul.

Sementara itu Kapolsek Rote Timur IPDA Yohn Fransius Kotta mengungkapkan bahwa dengan keberadaan Bhabinkamtibmas yang bertatap muka langsung dengan warga desa binaanya dapat menumbuhkan jalinan yang semakin erat dan bermanfaat.

“Kegiatan sambang kamtibmas berguna untuk menjaga kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif, apabila kedepan terjadi permasalahan yang timbul di Desanya dapat diredam serta bisa diselesaikan melalui kordinasi 3 Batu Tungku (Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa), jelas Kapolsek. (6n)