Sambang Nusa Pulau Terluar, Kapolres Rote Ndao Serukan Pemilu Yang Aman dan Jurdil

Sambang Nusa Pulau Terluar, Kapolres Rote Ndao Serukan Pemilu Yang Aman dan Jurdil
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kasat Polair IPDA I Nyoman Bagia Utama, S.I.P., Kapolsek Rote Barat Daya IPDA Esbon Toelle, Bhabinkamtibmas Desa Landu BRIGPOL Marsel B. W. Henukh dan anggota Satuan Polair, saat melakukan sambang di Desa Landu, Kecamatan Rote Barat Daya, Jumat (19/01).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Perjalanan menyeberangi laut menuju salah satu pulau terpencil, terluar berpenduduk tidak menyurutkan semangat Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. untuk menyambanginya.

Desa Landu yang berpenduduk kurang lebih 806 jiwa merupakan salah satu desa dari bagian Kecamatan Rote Barat Daya yang berlokasi di salah satu pulau kecil di bagian barat daya Pulau Rote.

Kegiatan sambang ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Polres Rote Ndao dalam mengupayakan keamanan dan kelancaran Pemilu 2024 khususnya di daerah pulau terluar berpenghuni.

Didampingi Kasat Polair IPDA I Nyoman Bagia Utama, S.I.P., Kapolsek Rote Barat Daya IPDA Esbon Toelle, Bhabinkamtibmas Desa Landu BRIGPOL Marsel B. W. Henukh dan anggota Satuan Polair, Kapolres menyeberang ke pulau dengan menggunakan perahu nelayan, Jumat (19/01/2024).

Kapolres Rote Ndao yang merupakan seorang pemimpin yang berkarakter tidak mau hanya duduk manis di belakang meja kerja, namun ingin langsung turun bersama anggotanya meskipun medan yang dilalui sangat jauh dan menantang.

“Pemilu merupakan pesta demokrasi lima tahunan yang harus dan wajib kita amankan, untuk memastikan itu kita tidak bisa hanya terima laporan, namun dengan tinjau dan turun langsung ke lokasi untuk pastikan persiapan dan kesiapan pengamanan maka hal itu bisa dipastikan,” jelas Kapolres.

Setibanya di Desa Landu, Kapolres berkesempatan bertatap muka langsung dengan warga sekitar. Dalam kesempatan itu, dirinya mengajak seluruh warga untuk bersama mensukseskan Pemilu 2024.

“Mari bersama tetap menjaga tali silaturahmi dan hubungan sosial menjelang pemilu 2024, hari pemungutan suara semakin dekat, tetap rukun dan hidup berdamai, jangan lakukan hal-hal yang dapat membuat gangguan kamtibmas yang berimbas akan terganggunya Pemilu,” ajak Kapolres.

Selanjutnya, Kapolres juga menghimbau kepada warga Desa Landu yang sudah cukup umur namun belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk segera membuatnya. Kapolres juga langsung memerintahkan Kapolsek dan Bhabinkamtibmas untuk segera mengkompulir warga yang memenuhi syarat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dilakukan perekaman e-KTP.

Tak hanya itu, Kapolres juga memberikan himbauan tentang keselamatan melaut, sosialisasi tentang aturan hukum yang berkaitan dengan penangkapan ikan ilegal dan informasi maraknya nelayan Rote sebagai pelintas batas laut ke wilayah Australia untuk mencari hasil laut.

 Dalam dialog interaktif bersama warga, Kapolres menegaskan bahwa sebagai warga negara harus patuh dan taat dengan aturan hukum yang berlaku, serta pentingnya turut dalam bagian untuk mensukseskan Pemilu 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Landu Iskandar Mesah, S.Pd bersama warga.

Dengan kehadiran Kapolres Bersama anggota secara langsung, diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap proses Pemilu dapat meningkat, sekaligus menciptakan

iklim yang kondusif bagi pelaksanaan Pemilu yang adil, jujur, dan damai. (6n)