Polres Rote Ndao Gelar Konferensi Pers Hasil Operasi Pekat Turangga 2023

Polres Rote Ndao Gelar Konferensi Pers Hasil Operasi Pekat Turangga 2023
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kabag Ops AKP Muhamad Nawawi, S.H. dan Kasi Humas AIPTU Anam Nurcahyo, S.I.P. saat melaksanakan konferensi pers dalam rangka release hasil Operasi Pekat Turangga 2023 dihadapan awak media yang bertempat di Aula Wirasatya, Kamis (05/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kepolisian Resor Rote Ndao menggelar konferensi pers tentang hasil Operasi Pekat Turangga 2023, bertempat di Aula Wirasatya, Mapolres Rote Ndao, Kamis (05/10/2023).

Konferensi Pers yang dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kabag Ops AKP Muhamad Nawawi, S.H. dan Kasi Humas AIPTU Anam Nurcahyo, S.I.P.

Operasi Pekat Turangga 2023 digelar sejak tanggal 20 September hingga 4 Oktober 2023, selama kurun waktu 15 hari tersebut Polres Rote Ndao berhasil mengamankan ratusan liter minuman keras tradisional jenis sopi bersama alat penyulingnya hingga senjata api rakitan laras panjang.

Kapolres mengungkapkan bahwa senjata api rakitan sejumlah 6 pucuk itu diserahkan oleh pemiliknya secara sukarela kepada petugas Kepolisian, menurut Kapolres warga memberikan secara sukarela karena adanya sosialisasi dan himbauan yang dilakukan oleh personel secara masif dan berkelanjutan.

“Dilihat dari fisik senjata api rakitan (senpira) ini sudah lama tidak digunakan, namun bukan tidak berarti tidak berfungsi, walaupun dalam keadaan seperti ini masih dapat mematikan, dan ini diberikan oleh warga secara sukarela tanpa paksaan, ini semua karena adanya sosialisasi yang dilakukan anggota hingga Bhabinkamtibmas kepada masyarakat di lapangan,“ tutur Kapolres.

 Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan bahwa keenam senpira itu diserahkan oleh warga ke Polsek Rote Barat sebanyak 1 pucuk, Polsek Lobalain sebanyak 2 pucuk, Polsek Rote Barat Laut sebanyak 1 pucuk, Polsek Rote Barat Daya sebanyak 1 pucuk dan Polsek Rote Tengah 1 pucuk.

Selanjutnya, selain senpira turut diamankan minuman keras tradsional jenis Sopi sebanyak 160 liter yang ditampung dalam 32 jerigen beserta 6 drum bersama 17 pipa penyulingan yang digunakan untuk memasak Sopi dan juga makanan kadaluarsa.

Dan dalam kesempatan ini, Kapolres mengharapkan masyarakat untuk bersama dengan pihak keamanan menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pesta demokrasi yang sebentar akan digelar.

“Mari bersama kita jaga kamtibmas yang aman dan kondusif, pesta demokrasi sebentar lagi akan digelar, Pemilu Serentak sudah di depan mata dengan dukungan dan kerjasama masyarakat bersama stake holder yang ada kita harapkan semua dapat berjalan dengan aman dan lancar,” harap Kapolres.

Dan selanjutnya kami juga menghimbau kepada masyarakat yang masih memiliki, menyimpan atau mengetahui adanya senjata api rakitan agar diserahkan kepada pihak Kepolisian, jika diberikan secara sukarela maka kami tidak akan proses, namun apabila ditemukan atau didapati memiliki maka akan diproses sesuai undang-undang yang berlaku,” imbuhnya. (6n)