Pemeriksaan Kesehatan Berkala, Ratusan Personel Polres Rote Diambil Sampel Darahnya

Pemeriksaan Kesehatan Berkala, Ratusan Personel Polres Rote Diambil Sampel Darahnya
Wakapolres Rote Ndao Kompol Anthonius Mengga saat mengikuti Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) berkala T.A. 2023, yang digelar di Aula Wirasatya Mapolres Rote Ndao, pagi ini Rabu (08/03).

www.tribratanewsrotedao.comRote, Ratusan personel Polres Rote Ndao dan Polsek jajaran antusias mengantri untuk mendaftar dan diambil sampel darahnya, dalam rangka Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) berkala T.A. 2023, yang digelar di Aula Wirasatya Mapolres Rote Ndao, pagi ini Rabu (08/03/2023).

Pemeriksaan Kesehatan berkala ini dilakukan oleh Tim dari Bidokkes Polda NTT dipimpin langsung oleh PS. Ka Poliklinik Turangga Polda NTT IPTU Aan Dwicahyono, Amd.Kep., S.H. beserta tenaga kesehatan dari Bid Dokkes dan Laboratorium Klinik ASA Kupang, antara lain Bripka Putu Agus S.P., S.Tr.Kep., Ns, Pengatur Maxin Sonbai, SE, Serlin Ndewi, S. Tr. Kes, Nadya Anggrainy, Amd. AK, Christine E. Liwe, Amd. Kes, Karin S. S. Therik, Amd. Kes, Mekhtildis Kidi Putri Tana Maing, Amd. Kes, Sriwanti Mangi Mata, Amd. Kes, Damianus Ronald Banamtuan, Amd. Kep, Vendi Siki, Amd. Kep, Fransiska Ati, Amd. Kep, Ingkel M. Pa, Amd. Kep, Fedinandus Jorifan Ceunfin, Amd. Kes.

Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H. melalui Wakapolres Kompol Anthonius Mengga mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan untuk personel dan ASN Polri ini dilaksanakan rutin minimal setahun sekali, guna mengecek kondisi dan kesehatan.

 “Pemeriksaan dan pengecekan ini dilakukan rutin setahun sekali, melalui Bid Dokkes Polda NTT dan timnya mereka datang dan melakukan pemeriksaan, ini kesempatan yang baik, kita tahu bahwa kalau pengecekan lengkap yang kita lakuan sendiri tentu biayanya tidak murah, sedangkan ini gratis, ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan,” tutur Waka.

Dengan Medical Cek Up, lebih awal mengetahui adanya gangguan kesehatan lebih baik dan apabila nanti ada hasil yang menyatakan bahwa memiliki penyakit atau gangguan kesehatan maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit Polri (RS. Bhayangkara Kupang) untuk dilakukan tindakan medis lebih lanjut, imbuh Waka.

Sementara itu tercatat sebanyak 114 personel Polres dan Polsek jajaran yang mengambil bagian dalam kesempatan rikkes kali ini. Diketahui pengecekan meliputi pengambilan sampel darah, sampel urine, pemeriksaan gigi, EKG (Elektrokardiografi), pemeriksaan fisik lengkap, tensi darah, pemeriksaan mata, MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory), Roentgen dan kesehatan jiwa (keswa) melalui ujian tulis.

Diharapkan dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini dapat menjaga kesehatan jiwa dan raga personel Polres Rote Ndao dalam menjalankan tugas Kepolisian secara profesional kepada masyarakat. (6nur)