Peduli Kesehatan Personel, Polres Rote Ndao Gelar Rikkes Berkala

Peduli Kesehatan Personel, Polres Rote Ndao Gelar Rikkes Berkala
Personel Polres Rote Ndao saat melakukan pemeriksaan kesehatan rutin berkala di Aula Wirasatya Mapolres Rote Ndao, (19/05)

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Guna menjaga kesehatan dan stamina personelnya, Polres Rote Ndao yang dimotori oleh Urkes Polres Rote Ndao   menggelar pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala bagi Personel Polri dan ASN Polres Rote Ndao, Rabu (19/05/2021).

Kegiatan yang digelar di Aula Wirasatya itu, dilaksanakan hanya sehari dan diikuti oleh 100 orang.

Kabag Sumda Polres Rote Ndao AKP Iskandar Abubakar mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan  rutin dilakukan guna mengetahui sejauh mana kesehatan anggota Kepolisian selama ini, terlebih dengan melakukan pemeriksaan kesehatan lebih awal, akan lebih baik untuk mengetahui kondisi kesehatan khususnya Kesehatan luar dan dalam.

“Apabila selanjutnya ada yang terindikasi sakit, maka diketahui lebih awal serta selanjutnya akan ada tindakan medis, dengan diketahui lebih awal kita bisa mencegah dan mengobati mulai sejak dini dari penyakit yang ada di dalam tubuh kita”, jelas Kabag.

Sementara dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut berjalan sesuai prosedur mulai dari tahapan pendaftaran, pemberian formulir, pengambilan darah dan urine, pengecekan fisik seperti Tinggi Badan (TB), serta  mengukur Berat Badan (BB).

Selain itu juga dilakukan Intensif III Plus yang meliputi pengisian Informed Consent, Anamnesis, Pemeriksaan fisik, Pemeriksaan Kesehatan Jiwa, Pemeriksaan Foto Thorax, Pemeriksaan EKG, Pemeriksaan Odontogram, Pemeriksaan Lab darah dan urine  serta Pemeriksaan Narkoba sesuai Intensif Pemeriksaan.

Untuk pemeriksaanya dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Biddokkes Polda NTT yang bekerjasama dengan CV. laboratorium Klinik ASA yang merupakan mitra Biddokes Polda NTT.

“Medical check up diperlukan untuk mengetahui kesehatan personel. jika diketahui ada yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit untuk ditindak lanjuti dan pemeriksaan ini semuanya gratis tidak dipungut biaya,"  tutup Kabag Sumda. (6”nur)