Pastikan Aman, Personel Polres Rote Ndao Kawal dan Amankan Pengembalian Kotak Suara Dari PPS

Pastikan Aman, Personel Polres Rote Ndao Kawal dan Amankan Pengembalian Kotak Suara Dari PPS
Kasiwas IPTU Frits O. Matly selaku Pamatwil untuk wilayah Kecamatan Rote Timur bersama personel lainnya dan personel Koramil serta Panwaslu saat mengamankan kotak suara di PPK Kecamatan Rote Timur, Jumat (16/02).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Gelaran pemungutan suara dalam Pemilu 2024 telah usai, Polres Rote Ndao telah menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan tahap pencoblosan hingga penghitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Dan di hari kedua pasca hari pencoblosan ini, kotak suara mulai digeser dari PPS (Panitia Pemilihan Suara) ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Seperti halnya yang terjadi pagi ini, puluhan kotak suara dari Desa Mukekuku, Desa Batefalu dan Desa Pengodua Kecamatan Rote Timur tiba di kantor Kecamatan Rote Timur, Jumat (16/02/2024).

Dengan pengawalan ketat dari personel Polisi bersama Linmas, puluhan kotak tersebut diangkut dengan menggunakan kendaraan truk dengan nomor Polisi DH 8257 GC yang dikendarai oleh Maksi Dalle.

Logistik pemilu yang tercatat secara keseluruhan sebanyak 60 kotak yang terdiri dari 20 kotak dari Desa Mukekuku, 20 kotak dari Desa Batefalu, 20 kotak dari Desa Pengodua dan 48 bilik suara.

Kasiwas IPTU Frits O. Matly selaku Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) untuk wilayah Kecamatan Rote Timur mengatakan bahwa selama proses pengiriman, dilakukan pengawalan, pengamanan, dan pemantauan ketat oleh aparat keamanan dari Polres, Polsek, Koramil dan Panwaslu Kecamatan.

“Dalam proses pengembalian kotak suara ini semua pihak terkait baik dari Polri, TNI dan juga Panwaslu mengawasi, mengawal dan mengamankan dengan ketat, karena dalam kotak itu ada surat suara yang perlu diamankan,” tutur IPTU Frits.

Pagi ini sudah tiga desa yang logistiknya sudah masuk di Kantor Camat, untuk desa lainnya akan menyusul, imbuhnya.

Dirinya juga memastikan bahwa sesuai perintah pimpinan, personel yang ditugaskan untuk mengamankan kantor PPK akan selalu siap dan siaga hingga penghitungan tingkat Kecamatan. (6n)