Menyambut Malam Penghujung Tahun, Polres Rote Ndao Gelar Apel Gabungan

Menyambut Malam Penghujung Tahun, Polres Rote Ndao Gelar Apel Gabungan

www.tribratanewsrotendao.com , Rote – Kepolisian Resor Rote Ndao menggelar apel gabungan untuk pengamanan malam Tahun Baru 2020. Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao, AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK,M.Si, Selasa (31/12/2019).

Bertempat di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, apel dihadiri oleh para PJU Polres Rote Ndao, Kapolsek jajaran, seluruh personel Polres Rote Ndao, unsur TNI AD, TNI AL, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Rote Ndao.

Dalam sambutan singkatnya Kapolres menjelaskan, sudah menjadi tugas dari pihaknya untuk menjaga keamanan masyarakat, termasuk saat perayaam malam tahun baru. Pengamanan dilakukan agar perayaan pergantian tahun dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK,M.Si saat memberikan arahan dalam apel gabungan pengamanan malam Tahun Baru 2020

“Tugas kita adalah mengawal kegiatan masyarakat kiranya semua agar berjalan nyaman, lancar, tertib, dan kondusif, namun perlu diperhatikan apabila ada konvoi kendaraan yang dapat mengganggu arus lalu-lintas agar dapat ditindak tegas, “ ujar Kapolres.

Kapolres mengingatkan, agar Polsek jajaran untuk menyekat wilayahnya masing-masing, apabila ada warga masyarakat yang ingin menuju Kota Ba’a dan ingin mengadakan konvoi kendaraan, agar dapat dicegah, imbuh Kapolres.

Untuk pengamanan tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan aparat lainnya dari unsur TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan lainnya. Petugas gabungan itu diharapkan dapat meminimalkan adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Sementara itu Kabag Ops Polres Rote Ndao AKP Mateus Cono, SH menjelaskan dengan adanya apel gabungan ini diharapkan seluruh rangkaian kegiatan masyarakat baik itu yang bersifat ibadah maupun kegiatan lainnya dapat berjalan aman dan kondisuf.

Foto bersama unsur pimpinan usai Apel Gabungan pengamanan malam Tahun Baru 2020

“ Dengan adanya apel gabungan ini, kita dapat mengetahui berapa kekuatan personel yang dapat kita libatkan, baik dari internal Polri sendiri maupun dari stake holder terkait, kita sebagai aparat keamanan dan stakeholder yang ada di sini kita amankan agar lancar dan tertib,” jelas Kabag.

Selain itu, ia juga mengimbau aparat bersikap persuasif jika menemukan gangguan keamanan. “Jika ada gangguan kamtibmas, kita lakukan pendekatan persuasif dan jangan arogan,” imbuhnya.

Usai kegiatan apel gabungan, dilanjutkan dengan “show of force” guna menunjukkan kekuatan amankan malam pergantian tahun. (6”nur)