Kenakan Tas Tradisional Saat Berdinas, Polres Rote Ndao Dukung Budaya dan Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Berkembang

Kenakan Tas Tradisional Saat Berdinas, Polres Rote Ndao Dukung Budaya dan Usaha Mikro Kecil Menengah Untuk Berkembang
Kapolres AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H. saat foto bersama PJU dan anggota usai apel pagi di depan Mako Polres Rote Ndao, pagi ini Selasa (14/03).

www.tribratanewsrotedao.com – Rote, Menjadi pemandangan yang unik dan menarik pagi ini, pasalnya seluruh personel Polres Rote Ndao mengenakan tas tradisional dengan motif daerah Nusa Tenggara Timur saat mengikuti apel pagi di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, Selasa (14/03/2023).

Apel pagi dipimpin langsung oleh Wakapolres Rote Ndao Kompol Anthonius Mengga, yang dalam amanatnya mengatakan bahwa penggunaan tas tradisional ini merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh personel Polda NTT hingga ke jajaran.

"Ini merupakan kebijakan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. dengan maksud untuk mendukung perkembangan perekonomian diseluruh wilayah Nusa Tenggara Timur khususnya bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan untuk menindaklanjutinya maka seluruh anggota wajib kenakan tas tradisional saat berdinas,” ujar Waka.

Sementara itu Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., usai sesi foto bersama mengatakan bahwa penggunaan tas tradisional ini juga sekaligus sebagai media promosi adat dan budaya NTT, dimana bumi Flobamora sangat kaya dan beragam.

“Ini adalah kebijakan pimpinan yang harus kita dukung bersama, tidak ada salahnya kita padukan antara dinas dan budaya, ini merupakan kearifan lokal yang perlu kita lestarikan, selain memajukan UMKM kita juga dapat sekaligus mempromosikan keberagaman budaya NTT di mata dunia,” tutur Kapolres.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Kapolda NTT telah menginstruksikan kepada anggotanya agar wajib menggunakan tas selempang tradisional khas NTT dalam rangka mempromosikan kebudayaan daerah, membantu ekonomi rakyat dan membuat masyarakat bangga dengan kebudayaan NTT serta mendukung, membantu dan mempromosikan UMKM.

Tidak hanya di Polres Rote Ndao, mulai hari ini juga berlaku untuk seluruh personel Polsek jajaran wajib menggunakan tas tradisional saat berdinas. (6nur)