Kapolres Rote Ndao Turun Cek Pengecer, Pastikan Ketersediaan Minyak Goreng di Pasaran

Kapolres Rote Ndao Turun Cek Pengecer, Pastikan Ketersediaan Minyak Goreng di Pasaran
Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., saat melakukan pengecekan di salah satu mini market di Kota Ba'a, untuk melihat langsung stok dan harga minyak goreng yang beredar di Wilayah Kabupaten Rote Ndao, Selasa (22/03).

www.tribratanewsrotendao.comRote, Satgas Pangan Polres Rote Ndao laksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko dan mini market pengecer minyak goreng di seputaran Kota Ba’a, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Selasa (22/03/2022).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., yang didampingi oleh Kasat Reskrim IPTU Yeni Setiyono, S.H., Kasat Intelkam IPTU Yohanes Doni Pedan, Kasat Binmas IPTU Bambang Hartoyo dan Kapolsek Lobalain IPDA I Gede Putu Parwata, S.H. bersama dengan staf Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rote Ndao.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut arahan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo tentang pengawasan terhadap kelangkaan minyak goreng baik di wilayah masing-masing.

Kapolres mengatakan bahwa pengecekan langsung ke toko dan pengecer ini dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan stok minyak goreng di pasaran berjalan dengan baik dan aman.

“Kita ketahui bersama bahwa isu minyak goreng ini telah menjadi perhatian oleh pemerintah, pasalnya di beberapa daerah stok minyak goreng susah didapat dan kalaupun ada harganya cukup tinggi, oleh karena itu saat ini kita bersama dengan pemerintah daerah turun langsung mengecek di lapangan, apakah di daerah kita ketersediaan minyak goreng cukup atau tidak, “ jelas Kapolres.

Selain mengecek ketersediaan stok, Kapolres juga mengatakan pengecekan dilakukan untuk memantau dan megantisipasi kenaikan harga minyak goreng yang sengaja dilakukan oleh para pengecer atau toko-toko yang ada.

“Dari pengecekan yang dilakukan, kita mendapat informasi bahwa harga minyak goreng beberapa waktu lalu sempat mengalami kenaikan, ini karena adanya kenaikan harga di tingkat distributor Kupang, namun saat ini bisa dikatakan harga kembali normal dan stok aman, dan perlu kita syukuri bahwa di wilayah kita saat ini tidak ada kepanikan ditengah mesyarakat karena isu minyak goreng ini,” imbuh Kapolres.

Untuk itu, Kapolres berharap agar masyarakat tetap mempertahankan keadaan dan kondisi saat ini, jangan sampai terpancing dengan isu dan situasi di daerah lain sehingga menimbulkan panic buying, karena saat ini di wilayah Kabupaten Rote Ndao ketersediaan minyak goreng masih aman.

Selain itu, Kapolres juga menegaskan kepada para pengecer dan toko untuk tidak melakukan penimbunan minyak goreng, Kapolres berharap stok dan ketersediaan minyak goreng tetap dijual normal dengan harga juga normal dan apabila ada pelanggaran di lapangan, Satgas Pangan tidak segan untuk melakukan tindakan hukum sesuai aturan yang berlaku.

Diketahui bahwa di wilayah Kabupaten Rote Ndao tidak terdapat distributor minyak goreng, yang ada hanya agen dan pengecer, ketersediaan minyak goreng diperoleh dari distributor yang berada di kota Kupang. (6nur)