H – 15 Pemilihan Umum 2024, Satuan Samapta Latihan Dalmas Asah Kemampuan Personel

H – 15 Pemilihan Umum 2024, Satuan Samapta Latihan Dalmas Asah Kemampuan Personel
Personel Satuan Samapta Polres Rote Ndao saat melaksanakan latihan pengendalian massa (Dalmas) yang dipimpin Kasat Samapta IPTU Naftali J.E. Lede, SH di lapangan apel Mapolres, Senin (29/01).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Personel Satuan Samapta Polres Rote Ndao intensif melaksanakan latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam menghadapi unjuk rasa dan kejadian gangguan kamtibmas menjelang pengamanan Pemilu tahun 2024.

Pada latihan tersebut para personel difokuskan pada latihan fisik, formasi Dalmas awal dan formasi Dalmas lanjut. Diawali dengan teori dasar-dasar sikap Dalmas lanjut diantaranya sikap ditempat dengan menggunakan perlengkapan Dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi Dalmas saat menghadapi massa.

Kasat Samapta IPTU Naftali J.E. Lede, SH usai latihan yang digelar di Lapangan Apel Mapolres, menjelaskan bahwa pelaksanaan latihan Dalmas dilakukan secara rutin, terlebih beberapa hari lagi pemilu serentak pada Februari 2024 akan dilaksanakan.

“Latihan dilaksanakan selain untuk mengingat dan mengasah kemampuan personel dalam pengetahuan formasi Dalmas, juga untuk meningkatkan kemampuan fisik serta kesiapsiagaan personel dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan,” jelas Kasat, Senin (29/01/2024).

Saat terjadi gangguan kamtibmas misalnya ada unjuk rasa anarkis, Polri merupakan garda terdepan dalam pengamanan, untuk itu setiap personel Samapta wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan Dalmas, imbuhnya.

Dengan Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) secara rutin dan secara intensif, Polres Rote Ndao memastikan kesiapan dalam mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Rote Ndao berjalan secara aman dan lancar. (6n)