Gelar Operasi Semana Santa Tahun 2022, Polres Rote Ndao Berikan Himbauan 5M

Gelar Operasi Semana Santa Tahun 2022, Polres Rote Ndao Berikan Himbauan 5M
Meme Himbauan Taat Prokes 5M, (red)

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Pandemi Covid-19 belum berakhir. Virus ini masih menjadi ancaman bagi masyarakat. Tetap patuhi Protokol Kesehatan dengan tetap menerapkan 5M.

Dengan digelarnya Operasi Semana Santa Turangga Tahun 2022, dalam rangka pengamanan perayaan Paskah Tahun 2022, Polres Rote Ndao tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kamtibmas dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Bersamaan dengan pola hidup sehat, Anda tetap wajib menerapkan Protokol Kesehatan 5M, berikut penjelasannya :

1. Mencuci Tangan

Protokol kesehatan yang pertama adalah mencuci tangan, penting bagi kita untuk mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik sehari, terutama saat:

Sebelum memasak atau makan;

Setelah menggunakan kamar mandi;

Setelah menutup hidung saat batuk atau bersin.

Untuk membunuh virus dan kuman-kuman lainnya, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya dengan kadar 60 persen.

Di masa pandemi ini, sangat disarankan untuk mencuci tangan di luar dari saran. Anda sangat disarankan untuk mencuci tangan setelah bepergian keluar, menerima barang dari luar, atau setelah berjabat tangan dengan orang lain.

2. Memakai Masker

Protokol kesehatan berikutnya ialah menggunakan masker.

Polres Rote Ndao mengimbau masyarakat harus memakai masker meski berada di dalam rumah pada kondisi tertentu.

3. Menjaga Jarak

Protokol kesehatan lainnya yang perlu dipatuhi adalah menjaga jarak. Dijelaskan bahwa, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplets dari orang yang bicara, batuk, atau bersin, serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan. Bila tidak memungkinkan melakukan jaga jarak, maka dapat dilakukan berbagai rekayasa administrasi dan teknis lainnya.

4. Menjauhi Kerumunan

Selain tiga hal di atas, menjauhi kerumunan merupakan protokol kesehatan yang juga harus dilakukan.

Ingat, semakin banyak dan sering kamu bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus corona pun semakin tinggi. Oleh sebab itu, hindari tempat keramaian terutama bila sedang sakit atau berusia di atas 60 tahun (lansia).

5. Mengurangi Mobilitas

Virus penyebab corona bisa berada di mana saja. Jadi, semakin banyak Anda menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula terpapar virus tersebut. Oleh karena itu, bila tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah.

Faktanya, virus corona dapat menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat.

Yuk, terapkan protokol kesehatan 5M untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona di Indonesia. Selain itu, jangan pula lupa untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi salah satunya dengan rutin mengonsumsi air putih.

Terapkan hidup sehat. (6nur)