Cerdaskan Anak Bangsa Dengan Membaca, Bhabinkamtibmas Desa Lekunik Giatkan Perpustakaan Keliling

Cerdaskan Anak Bangsa Dengan Membaca, Bhabinkamtibmas Desa Lekunik Giatkan Perpustakaan Keliling
Bripka Sumantri saat membuka lapak perpustakaan kelilingnya di RT 006 / RW 003, Dusun Oeteas, Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain pada Minggu pagi, (20/08).

www.tribratanewsrotendao.com  –  Rote, Untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak, Bhabinkamtibmas Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain Bripka Sumantri gencar mengadakan kegiatan Perpustakaan Keliling, Minggu (20/08/23) pagi.

Dengan menyulap sepeda motor dinas Bhabinkamtibmasnya menjadi perpustakaan keliling, Bripka Sumantri rutin menyapa anak-anak di desa binannya.

Dengan memberikan tambahan dua box pada motornya, buku-buku bacaan dan ilmu pengetahuan dibawanya keliling sebagai modal untuk memberikan pengetahuan dan keceradasan kepada anak-anak yang ditemuinya.

Seperti yang dilakukannya di RT 006 / RW 003, Dusun Oeteas, Desa Lekunik, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao pada Minggu pagi. Anak-anak yang usai melaksanakan ibadah Gereja menjadi sasaran dirinya untuk menawarkan buku bacaan yang dibawanya.

 Menurutnya dengan rutin dan giat mengajak anak-anak untuk membaca buku, dapat mengurangi ketergantungan anak akan gadget.

“Melaksanakan giat Perpustakaan keliling, selain tujuannya untuk meningkatkan minat baca dan menambah pengetahuan dari anak-anak di desa, juga untuk mengurangi anak-anak bermain HP yang berdampak negatif untuk kesehatan maupun perkembangan anak”, ujarnya.

Tak hanya memberikan kesempatan anak-anak untuk membaca buku secara gratis, namun dirinya juga meminjamkan kepada siapa saja akan buku-buku koleksinya.

Tampak anak-anak dengan riang dan leluasa mencari buku yang akan dibaca, tanpa ada rasa canggung dan malu, anak-anak mendekati sepeda motor yang sudah disulap menjadi perpustakaan keliling mencari apa yang diinginkan.

Bripka Sumantri mengakui bahwa koleksi bukunya masih belum lengkap, diakuinya buku-buku yang ada merupakan usaha swadaya dan bantuan dari beberapa pihak, namun dirinya tetap berharap apabila ada pihak yang ingin memberikan bantuan buku bacaan maupun buku ilmu pengetahuan lain maka dirinya siap menerima.

Di dalam kesempatan tersebut, dirinya juga memberikan himbauan dan pesan Kamtibmas, sadar hukum dan tertib berlalu lintas, juga kenakalan remaja kepada para anak-anak.

“Anak-anak itu cepat menyerap, apa yang mereka dengar dan lihat pasti mereka akan lakukan, oleh karena itu sejak dini perlu kita berikan masukkan hal yang positif dan membangun”, tuturnya.

Ia bersyukur karena keberadaan perpustakaan keliling yang dilakukannya selama ini berdampak positif. Tidak hanya ia bisa menjalin kedekatan dengan masyarakat, ia merasakan kepuasan tersendiri saat bekerja dan juga anak-anak, karena mereka bisa menjadi akrab dengan Polisi. (6n)