Capaian Kinerja Polres dan Jajaran Selama Setahun, Dibeberkan Kapolres Saat Konferensi Pers

Capaian Kinerja Polres dan Jajaran Selama Setahun, Dibeberkan Kapolres Saat Konferensi Pers
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. yang didampingi Wakapolres Kompol Anthonius Mengga dan Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, M.H. saat Konferensi Pers akhir Tahun 2023 Polres Rote Ndao di lobby Mapolres, Minggu (31/12).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dihadapan para insan media baik cetak dan elektronik, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. membeberkan capaian kinerja Polres Rote Ndao dan jajarannya yang telah dicapai selama Tahun 2023.

Pada konferensi pers yang digelar di lobby Mapolres tersebut, Kapolres menjelaskan bahwa kasus yang dilaporkan pada tahun 2023 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2022.

“Dari rekapan yang ada, laporan yang masuk pada tahun ini sebanyak 401 kasus dengan penyelesaian sebanyak 258 kasus sedangkan pada tahun 2022 kasus yang dilaporkan sebanyak 426 kasus dengan penyelesaian sebanyak 388 kasus, jika dilihat dari jumlah maka ada penurunan sebanyak 25 kasus,” beber Kapolres, Minggu (31/12/2023).

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan rincian kasus yang masuk dalam 5 besar diantaranya kasus penganiayaan sebanyak 96 kasus, pengeroyokan sebanyak 53 kasus, KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) sebanyak 43 kasus, pencurian sebanyak 42 kasus dan kasus pengrusakan sebanyak 24 kasus di tahun 2022.

Sedangkan di tahun 2023 dengan rincian kasus penganiayaan sebanyak 88 kasus, pengeroyokan sebanyak 56 kasus, pencurian sebanyak 46 kasus, KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) sebanyak 41 kasus dan penipuan sebanyak 26 kasus.

Kapolres juga menerangkan bahwa angka kecelakaan lalu-lintas di wilayah hukum Polres Rote Ndao pada tahun 2022 mencapai 33 kasus, sementara sepanjang tahun 2023 naik menjadi 49 kasus.

Menurut Kapolres, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenaikan angka kecelakaan, seperti salah satunya human error, tertib berlalulintas ditengah-tengah masyarakat menjadi salah satu faktor yang sangat penting, untuk menekan resiko terjadinya jatuhnya korban jiwa dan kerugian materiil di jalan raya.

“Satuan Lalu-lintas Polres Rote Ndao telah bekerja lebih optimal untuk meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas, sosialisasi hingga penegakkan hukum di jalan raya sudah dilakukan, namun dari semua itu perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk tertib dan berhati-hati, tetap jadikan keselamatan menjadi nomor satu,” jelas Kapolres.

Tak hanya data kejahatan konvesnsionl dan data kecelakaan lalu-lintas, Kapolres yang didampingi Wakapolres KOMPOL Anthonius Mengga dan Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, M.H. juga membeberkan tentang Operasi Kepolisian yang sementara berjalan di akhir tahun, diantaranya Operasi Lilin Turangga 2023 dan Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Dijelaskannya, Operasi Lilin yang digelar selama 12 hari tersebut dilaksanakan dalam rangka Pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024. Menurut Kapolres untuk pengamanan perayaan Ibadah Natal Tahun 2023 berjalan denga naman, lancer dan kondusif.

Sedangkan untuk pengamanan malam pergantian tahun, Polres Bersama instansi terkait akan melakukan pengamanan gabungan yang akan diawali dengan apel gabungan.

Selanjutnya untuk Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024, dijelaskan Kapolres bahwa Polres Rote Ndao saat ini melaksanakan pengamanan tahapan kampanye, dijelaskan pula sampai saat ini telah masuk Surat Tanda Terima Pemberitahuan Kampanye (STTP) sebanyak 155 permohonan (Caleg Kabupaten Rote Ndao) dan 1 permohonan dari calon Presiden (Ganjar – Mahfud).

“Sampai saat ini situasi menjelang Pemilu Serentak masih terpantau aman dan kondusif, ini yang kita harapkan hingga pelaksanaan nanti, saya harapkan masyarakat tetap bersama menjaga kondusifitas yang ada dan jangan membuat pelanggaran atau tindak pidana yang dapat menganggu kamtibmas,” tutup Kapolres. (6n)