Ambil Sendiri, Bayar dan Seduh Sendiri, Polres Rote Ndao Hadirkan Kedai Mandiri

Ambil Sendiri, Bayar dan Seduh Sendiri, Polres Rote Ndao Hadirkan Kedai Mandiri
Kapolres Rote Ndai AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., saat memberikan sambutan usai meresmikan Kedai Mandiri Polres Rote Ndao, Sabtu (26/03).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H. pagi ini secara resmi membuka “Kedai Mandiri” Polres Rote Ndao, Sabtu (26/03/2022).

Dalam sambutan singkatnya, Kapolres usai acara peresmian mengatakan bahwa dengan hadirnya Kedai Mandiri ini sangat membantu akan kebutuhan personel di Polres dan yang lebih penting adalah membentuk karakter kejujuran.

“Kedai Mandiri dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan personel, oleh karena itu manfaatkanlah dengan baik, Kedai Mandiri sendiri bertujuan untuk melatih sikap jujur dari setiap orang yang berbelanja, tidak ada pengawasan khusus, pembeli yang datang melayani diri sendiri dan membayar dengan jujur, kedepan diharapkan ada evaluasi tentang pendapatan, disitu kita bisa lihat apakah yang membeli jujur atau tidak,” ucap Kapolres.

Kapolres pun berharap dengan adanya Kedai Mandiri mampu mengajarkan setiap anggota Polri nilai kejujuran dan kemandirian yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat serta Institusi.

Dalam kesempatan ini, Kapolres langsung mencoba untuk membuat minuman sendiri di kedai dan langsung membayar sendiri sesuai harga.

Kedai Mandiri menyiapkan aneka minuman panas dan dingin serta makanan ringan dan mie kemasan sesuai kebutuhan personel Polres Rote Ndao.

Lokasi Kedai yang berada di ruang Mindik Satuan Reskrim ini tidak membutuhkan tempat yang luas, hanya ditempatkan di pojok ruangan dengan menambahkan satu meja, kulkas, termos air, gelas dan rak makanan ringan serta perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.

Keberadaanya pun berdiri sendiri, sepertinya konsepnya yaitu mandiri, maka kedai ini tidak ada petugas khusus yang menjaga atupun melayani pembeli.

Bagi yang ingin membeli tinggal mendatangi kedai mandiri dan mengambil barang yang dibutuhkan. Jika ingin menikmati minuman, makanan ringan hingga mie kemasan, maka pembeli harus mengambil dan meracik sendiri dengan peralatan yang sudah disediakan.

Untuk menjaga kebersihan telah disiapkan kotak sampah sehingga semua sisa bungkusan makanan dan minuman tinggal dimasukkan dalam kotak sampah. Di kedai sudah disiapkan daftar barang dan harga masing-masingnya, jadi pembeli tinggal mengambil barang dan membayar sesuai harga di kotak uang yang telah disediakan.

Dari Kedai Mandiri ini banyak nilai penting yang bisa dikembangkan terutama nilai kejujuran dan tanggung jawab dan dapat merubah mindset anggota bahwa polisi tidak harus dilayani tetapi harus melayani dimulai dari melayani diri sendiri.

Hadir dalam peresmian, para PJU Polres Rote Ndao, para Kasi dan personel Polres Rote Ndao. (6nur)