Sepekan Operasi Zebra Turangga 2019 Digelar, Sat Lantas Polres Rote Ndao Jaring Belasan Pelanggar

Sepekan Operasi Zebra Turangga 2019 Digelar, Sat Lantas Polres Rote Ndao Jaring Belasan Pelanggar

www.tribratanewsrotendao.com , Rote – Kepatuhan dan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas masih terhitung rendah dan seolah belum mau taat akan aturan keselamatan berlalulintas. Hal ini terbukti dalam pelaksanaan Operasi Zebra Turangga 2019 yang digelar sejak sepekan lalu sampai dengan saat ini, di wilayah Rote Ndao masih ada belasan pelanggar yang ditindak.

Dari data yang berhasil dihimpun dari Satuan lalu Lintas Polres Rote Ndao, sepekan ini terhitung 14 pelanggar, ini adalah jumlah pelanggar yang diambil tindakan tilang karena telah menyalahi aturan berlalulintas. Dari jumlah yang ada terdapat kenaikan jika dibandingkan dengan sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Turangga Tahun 2018 lalu.

Selain yang diambil tindakan tilang, ada beberapa pengendara yang juga hanya diberi teguran, hal ini karena pelanggaran yang dilakukan terbilang sangat ringan.

Personel Sat Lantas Polres Rote Ndao saat memeriksa kelengkapan pengendara dalam Operasi Zebra 2019

Kasat Lantas Polres Rote Ndao IPTU Yulius Z. Nalle menjelaskan bahwa jenis pelanggaran yang dilakukan yakni terbanyak karena tidak gunakan helm, serta pengendara di bawah umur dan pelanggaran surat-surat.

“ Untuk pelanggar yang tidak gunakan helm terhitung 7 pelanggar, melawan arus 1 pelanggar, pengendara di bawah umur ada 3 palanggar, sedangkan surat-surat ada 2 pelanggar dan pelanggaran lainnya ada 1 pelanggar “, jelas Kasat.

Pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor, sedangkan untuk roda 4 minim pelanggaran. Barang bukti yang disita pun tercatat 5 kendaraan sepeda motor, 4 buah STNK dan 5 buah SIM.

“ Kami berharap sepekan kedepan angka ini akan terus menurun, apabila menurun maka bisa dikatakan bahwa dengan adanya Operasi Zebra ini membuat masyarakat makin tertib berlalulintas “, pinta Kasat.

Di tengah-tengah upaya penindakan, pihak Polres Rote Ndao khususnya Satuan lalu lintas terus memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Pengendara dihimbau untuk tertib berlalu lintas dan melengkapi diri dengan kelengkapan berkendara serta mematuhi aturan serta rambu-rambu lalu lintas, serta membentuk masyarakat yang mengutamakan keselamatan. (6”nur)